Home Headline Ini Syarat Jadi Walikota Jalur Independent

Ini Syarat Jadi Walikota Jalur Independent

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Semarang, 21/1 (beritajateng.net) – Sesuai Perpu Pilkada yang disahkan DPR RI, memungkinkan calon kepala daerah dari calon dari independen atau tanpa harus melalui gerbong partai politik.

Menurut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, Henry Wahyono, calon tersebut mempunyai syarat yang harus dipenuhi.
Syarat tersebut diantaranya adalah, calon harus memiliki jumlah dukungan dari masyarakat Semarang sekurang-kurangnya 3% dari jumlah pemilih. Pada tahap sebelumnya, yakni bakal calon, harus mengumpulkan dukungan sekurang-kurangnya 5% dari 3% tersebut.
Bentuk dukungan tersebut bisa berupa fotokopi kartu identitas, tanda tangan atau cap jempol. “Nanti akan kami sediakan formulir untuk syarat lengkapnya,” tambahnya.
Oleh karena itu, KPU Kota Semarang sudah harus mengantongi jumlah pemilih pada 2 Februari 2015 mendatang. Pihaknya akan meminta data tersebut dari Pemerintah Kota Semarang terkait kepastian jumlah pemilih di Kota Semarang.

Sampai saat ini, KPU menganggarkan dana sebesar Rp 41 miliar jika diasumsikan Pilkada akan dilaksanakan dua putaran. Semantara jika dalam satu putaran, dia menganggarkan dana sekitar Rp 25 miliar. “Namun dana tersebut masih belum diketok palu oleh DPRD Kota dan masih dalam penggodokan,” tukasnya. (bj05)

Advertisements