Home Lintas Jateng Ini Sembilan Tuntutan Buruh Pada Pemerintah

Ini Sembilan Tuntutan Buruh Pada Pemerintah

poster panjang bertuliskan sembilan tuntutan demo di bentangkan di depan gedung Gubernuran Jateng jalan Pahlawan Semarang

 

poster panjang bertuliskan sembilan tuntutan demo di bentangkan di depan gedung Gubernuran Jateng jalan Pahlawan Semarang
Poster panjang bertuliskan sembilan tuntutan demo di bentangkan di depan Gedung Gubernuran Jateng jalan Pahlawan, Semarang.

Semarang, 1/5 (BeritaJateng.net) – Sebanyak 5000 buruh yang tergabung dalam Aliansi Gerakan Buruh Berjuang (Alisnsi Gerbang) berdemo menuntut 9 Nawa Duka Buruh, dalam memperingati hari buruh yang jatuh pada hari Jumat,(1/5) di jalan pahlawan Semarang.

Demo yang di jaga ketat 1.250 keamanan dari polisi dan TNI berlangsung damai. Pada demo kali ini, dipimpin oleh Koordinator Umum Nanang Setyono dari Aliansi Gerbang, yang menyampaikan sembilan tuntutan yang disebut ‘NAWA DUKA BURUH’, yang terdiri dari :

1. Tolak upah murah dan hapus sistem outsourcing.

2. Revisi Pergub Jateng no. 65 tahun 2015 tentang pedoman survey KHL.

3. Tegakkan hukum di bidang ketenagakerjaan.

4. Tolak kenaikan BBM dan turunkan harga kebutuhan pokok.

5. Lawan pemberangusan serikat buruh.

6. Bubarkan pengadilan hubungan industrial.

7. Evaluasi audit pelayanan BPJS Kesehatan.

8. Berikan hak dan perlindungan bagi pekerja berbasis rumahan (home based worker).

9. Tolak pembangunan Rusunawa.

Pada orasinya tersebut, pemerintah dinilai belum dapat membela rakyat, yang berakibat pada naiknya perekonomian negara yakni naiknya harga BBM, Sembako dan lain-lainnya.(BJ06)