Home Lintas Jateng Ini Rangkaian Kunjungan Presiden Jokowi ke Wonogiri

Ini Rangkaian Kunjungan Presiden Jokowi ke Wonogiri

image
Persiapan pameran produk unggulan untuk menyambut Presiden Jokowi di Wonogiri. (BJ/HD)

Wonogiri, 28/11 (Beritajateng.net) – Lawatan Presiden Jokowi ke Wonogiri dipastikan akan berlangsung pada Sabtu (29/11) esok. Presiden dan Ibu Negara Iriana dijadwalkan mendarat di Bandara Adi Sumarmo Boyolali pada Jumat (28/11) malam sekitar pukul 19.45.

Sejumlah agenda telah ditetapkan protokoler kepresidenan dalam rapat koordinasi teknis pelaksanaan, Kamis (27/11) menjelang kunjungan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Protokol Kepresidenan Faturrohman menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan (rundown) kunjungan presiden RI sudah bisa dikatakan pasti. Namun, ia mengatakan, dalam beberapa pengalaman kegiatan di daerah lain, presiden bisa melakukan kegiatan di luar rundown yang telah tertulis.

“Jadi walaupun bisa dikatakan pasti, rundown ini bisa berubah sewaktu-waktu. Jika Presiden menghendaki berhenti ya kita harus siap,”tegasnya.

Prinsipnya, kata Faturrohman, hanya ada satu agenda inti yakni penanaman pohon bersama masyarakat di Desa Tempursari Sidoharjo Wonogiri. Sebelum agenda penanaman, ada juga penyambutan berupa kesenian gamelan oleh siswa SMP N 3 Sidoharjo dan kesenian reog.

“Ada persembahan paduan suara, seni karawitan dan reog, pada dasarnya semua kami akomodir, namun sifatnya tentatif, bisa berubah sewaktu-waktu,”terangnya.

Setelah penanaman pohon, protokoler presiden menyampaikan bahwa presiden akan meninjau sedimentasi Waduk Gajah Mungkur baru kemudian istirahat makan siang, melihat pameran produk unggulan Kabupaten Wonogiri dan menandatangani prasasti launching desa wisata di Pendopo Rumah Dinas Bupati.

“Pukul 14.10 dijadwalkan beliau (presiden RI) meninggalkan pendopo langsung menuju Bandara. Minggu pagi sudah ada kegiatan Jalan pagi di Bundaran HI, jadi harus segera kembali, ” terangnya. (HD/pj)