Home Headline Ini Penyebab longsor di Banjarnegara

Ini Penyebab longsor di Banjarnegara

foto/ist

Banjarnegara, 15/12 (Beritajateng.net) – Berdasarkan analisis dari Badan Nasional Penanggunalangan Bencanan (BNPB) bencana tanah longsor yang terjadi di di Dusun Jemblung, Desa Sampang, Karangkobar Banjarnegara salah satunya akibat pelapukan.

Berdasarkan analisis BNPB, Banjarnegara adalah termasuk daerah potensi sedang-tinggi longsor. Di Banjarnegara ada 20 kecamatan yang memiliki potensi sedang-tinggi longsor.

Penyebab longsor di Dusun Jemblung adalah,  material penyusun Bukit Telagalele adalah endapan vulkanik tua sehingga solum tanah tebal dan ada pelapukan. Kemiringan lereng >60%. Mahkota longsor berada pada kemiringan lereng 60-80%.

Sebelumnya terjadi hujan deras pada 10-11 Desember 2014 sehingga tanah jenuh dengan air. Tanaman di atas bukit adalah tanaman semusim (palawija) dan tahunan yang tidak rapat. Budidaya pertanian dengan tidak mengindahkan konservasi tanah dan air, dimana tidak ada tersering pada lereng tersebut.

Material longsor terpecah menjadi dua bagian akibat adanya batuan yang lebih solid dibawahnya kemudian bergerak mengikuti lereng.

Panjang lidah longsoran sekitar 1,2 km.  Material longsor menerjang permukiman di bawah dengan waktu kurang dari 5 menit.(ss)