Home News Update Ini Kandidat Kuat Rektor UNS

Ini Kandidat Kuat Rektor UNS

image
Ilustrasi

Solo, 8/1 (Beritajateng.net) – Tiga kandidat ditetapkan sebagai calon rektor yang akan mengikuti Pemilihan Rektor Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) periode 2015-2019 yang akan berlangsung pada 5 Februari 2015.

“Pada tahap penyaringan calon Rektor UNS ini dilakukan dalam sidang senat tertutup yang dihadiri oleh 120 dari 123 orang yang terdaftar dalam anggota senat UNS,” kata Ketua Panitia Persiapan Pemilihan Calon Pimpinan Universitas (P3CPU) Joko Nurkamto usai sidang tersebut, di Kampus UNS Kentingan, Solo, Kamis.

Ia mengatakan petahana Rektor UNS Prof.Dr Ravik Karsidi, M.S dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sementara unggul dengan perolehan 73 suara, suara terbanyak kedua ditempati oleh Prof.Dr.Ir Ahmad Yunus dari Fakultas Pertanian mendapat 24 suara, dan ketiga oleh Prof.Dr.Adi Sulistyono,SH,MH dari Fakultas Hukum mendapat 18 suara.

Selain itu Dr Prabang Setyono M.S dari Fakultas MIPA mendapat satu suara dan Moch. Nadjib Imanullah,SH, M.H, P.hD dari Fakultas Hukum tidak mendapat suara.

Dikatakan dari hasil penyaringan akan diambil tiga nama yang memperoleh suara terbanyak untuk mengikuti proses pemilihan rektor yang direncanakan pada tanggal 5 Februari 2015 di hadapan senat yang dihadiri oleh Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi.

Ketiga calon rektor UNS yang memperoleh suara terbanyak masing-masing Prof.Dr Ravik Karsidi (FKIP), Prof.Dr.Ir Ahmad Yunus (Fakultas Pertanian), dan Prof.Dr.Adi Sulistyono,SH,MH dari Fakultas Hukum.

Ia mengatakan pada tahap berikutnya para calon rektor diberikan kesempatan untuk menyusun visi misi dan program kerja yang harus disampaikan ke Menteri selambat-lambatnya dua minggu sebelum pemilihan.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No.33 Tahun 2012 mengenai Pengangkatan dan pemberhentian Rektor/Ketua/Direktur pada perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh pemerintah, mengacu pasal 5, bahwa Pengangkatan Rektor/Ketua/Direktur pada perguruan tinggi dilakukan melalui tahapan.

Tahap pertama dilakukan penjaringan bakal calon yang telah dilakukan dari tanggal 10 Nopember 2014 sampai 5 Januari 2015, penyaringan calon, pemilihan calon dan terakhir tahap pengangkatan.(ant/bj02)