Home Ekbis Ini Dia Harga Elpiji di Batang

Ini Dia Harga Elpiji di Batang

Ilustrasi

elpiji

Batang, 10/1 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, segera memproses penetapan harga eceran tertinggi elpiji tiga kilogram pada titik serah pangkalan, untuk menindaklanjuti instruksi Mendagri guna menyikapi perkembangan harga.

Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi Kabupaten Batang Dewi Wuriyanti di Batang, Sabtu, mengatakan sesuai Surat Menteri Dalam Negerii Nomor 541/07/SJ tertanggal 5 Januari 2014 tentang HET LPG tabung tiga kilogram.

“Penetapan HET tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan kondisi daerah, daya beli masyarakat, dan marjin yang wajar, serta sarana dan fasilitas penyediaan dan pendistribusian LPG,” katanya.

Ia mengatakan pemerintah daerah diperbolehkan melakukan penyesuaian HET elpiji bersubsidi itu di tingkat pangkalan.

Penyesuaian itu, kata dia, dilakukan atas sejumlah pertimbangan, seperti naiknya biaya angkut karena kenaikan harga BBM, kenaikan UMR, dan kenaikan suku cadang kendaraan.

Menurut dia, kebijakan soal HET berdasar pada dua aturan, yaitu Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2009 tentang Penyediaan dan Pendistribusian LPG dan Surat Menteri ESDM Nomor 8193/12/MEM.M/2014 tertanggal 17 Desemer 2014 tentang HET LPG Tabung tiga kilogram.

“Untuk tingkat konsumen, maka HET LPG 3 kg sesuai SK Bupati adalah sebesar Rp 16.000 per tabung sedang tingkat pangkalan ini masih kami proses nota dinasnya untuk selanjutkan kita sampaikan ke bupati, kemungkinan usulannya sebesar Rp14.000 per tabung,” katanya.

Terkait kebijakan penaikan LPG 12 kg, ia mengatakan pemkab belum menerima surat pemberitahuan resmi dari Pertamina.

“Kami berharap kenaikan itu tak menjadikan pengguna LPG 12 kg beralih ke konsumsi tabung tiga kilogram karena elpiji bersubsidi itu hanya untuk masyarakat tak mampu. Jadi, warga yang mampu kami himbau tak menggunakan LPG yang bukan haknya,” katanya. (ant/BJ)