Home News Update Ingin Kuliah Di Luar Negeri Biaya Terjangkau? Yuk Ikut Taiwan Higher Education Fair...

Ingin Kuliah Di Luar Negeri Biaya Terjangkau? Yuk Ikut Taiwan Higher Education Fair Semarang

Taiwan Higher Education Fair Semarang 2018
         Semarang, 6/2 (BeritaJateng.net) – Di era sekarang pendidikan merupakan hal yang penting untuk menunjang karir seseorang, pilihan untuk mengenyam pendidikan di luar negeri pun menjadi alternatif. Untuk kuliah di luar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit, untuk itu Ikatan Citra Alumni Taiwan Indonesia (ICATI) mengajak masyarakat Indonesia untuk memperoleh pendidikan sarjana dengan biaya yang terjangkau namun tetap berkualitas di Taiwan.

Dewan Pengurus ICATI Jateng, Ferry T. Iskandar mengatakan, setidaknya ada 20 universitas di Taiwan yang membuka peluang bagi mahasiswa Indonesia agar dapat belajar dan melanjutkan studi sarjana dengan biaya yang terjangkau.

 
         “Melalui Taiwan Higher Education Fair Semarang 2018 yang rencananya akan digelar pada Jumat (9/2) di Ballroom Crown Semarang, ICATI berupaya memfasilitasi dan mengedukasi pengunjung agar dapat mengenyam perkuliahaan di Taiwan,” ujar Ferry di Semarang, Selasa.
         Menurut Ferry, selama ini banyak siswa-siswi di Indonesia yang memiliki keinginan belajar di luar negeri tapi terkendala biaya. “Nah.. Taiwan ini bisa jadi jujugan yang bagus. Selain bisa ke luar negeri, kuliah disana dan bisa belajar bahasa mandarin pula. Bahkan biaya hidup disana termasuk sama dengan di Indonesia,” imbuhnya.
          Ia mengakui, kelebihan di Taiwan, yakni kurs mata uang Taiwan termasuk sangat murah. Secara perhitungan, uang kuliah yang dibutuhkan hanya dengan Rp. 40 juta pertahun. Hampir sama dengan di perguruan tinggi di Indonesia. “Biaya hidup juga murah, bahkan untuk makan sekali hampir sama dengan disini, ya.. sekitar Rp. 40ribuan. Sangat-sangat terjangkau,” katanya.
          Di Taiwan, lanjutnya, tersedia asrama dengan lingkungan yang nyaman, aman, dan cukup pengawasan. Ferry mengatakan, mahasiswa asal Indonesia bahkan banyak yang melakukan part time atau kerja paruh waktu untuk membantu mengurangi beban biaya pada orang tua. “Saya sendiri lulusan salah satu Universitas di Taiwan. Dulu saya diberi waktu jam kerja, sehingga bisa kuloah sambil bekerja.
           Perkuliahan di Universitas Taiwan menggunakan bahasa Inggris dan bahasa Mandarin sebagai media pembelajaran. Sebanyak 20 Universitas dengan berbagai jurusan seperti bisnis administrasi, tourisme, sampai medical, teknik komputer, biotek dll tersedia.  “Datang saja ke Taiwan Higher Education Semarang 2018, banyak pilihan pendidikan di Taiwan University,” imbuhnya.
           Pameran rencananya akan digelar pada 9 Februari 2018 mulai pukul 11.00-20.00 WIB di Ballroom Crowne Hotel Semarang. “Ini merupakan pameran ‘Taiwan Higher Education’ keempat kalinya digelar di Indonesia. Untuk kota Semarang, Bandung dan Jogja pameran ini baru pertama kali digelar. Biasanya kami gelar di Jakarta. Bahkan tahun 2017 lalu, ICATI telah berhasil mengirimkan 3500 siswa ke Taiwan untuk melanjutkan perkuliahaan,” katanya.  (El)