Home Lintas Jateng Informasi Kebakaran di Semarang Kini Bisa Lebih Cepat Diakses Lewat Smartphone

Informasi Kebakaran di Semarang Kini Bisa Lebih Cepat Diakses Lewat Smartphone

**Dinas Kebakaran Semarang Percepat Informasi dengan Terapkan Aplikasi Aduan Kebakaran Lewat Smartphone

Semarang, 18/11 (BeritaJateng.net) – Pengaduan Kebakaran Berbasis Online banyaknya keluhan masyarakat mengenai respon yang lambat ketika terjadi kebakaran, Dinas Kebakaran Kota Semarang berencana menerapkan aplikasi pengaduan kebakaran baru dengan berbasis android di telepon seluler.

Hal ini disampaikan Kabid Penyuluhan Dinas Kebakaran Kota Semarang, Daniel Sandafu, di kantornya kemarin. Menurutnya, penerapan call centre hanya melalului nomor telepon darurat, selama ini diakui masih sering terlambat ketika menerima informasi. Padahal, kejadian bencana kebakaran membutuhkan penangangan secepatnya.

“Nama aplikasinya Siaga Damkar berbasis android yang saat ini sudah bisa di download dari play store di smartphone,” ujarnya.

Daniel menjelaskan, saat ini aplikasi tersebut masih berisi tentang konten edukasi yang berkaitan tentang kebakaran. Kedepan kata dia, dipastikan melalui aplikasi tersebut masyarakat bisa memberikan informasi kejadian kebakaran dengan lebih responsif.

“Begitu laporan masuk, langsung diterima oleh dinas kebakaran. Posisi pelapor juga langsung di ketahui karena sudah menggunakan Global Positioning System (GPS),” katanya.

Menanggapi rencana tersebut, anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Dyah Ratna Harimurti menyambut baik rencana itu, apalagi sekarang ini semua layanan publik sudah seharusnya berbasis online.

“Hal ini juga sesuai dengan visi misi Kota Semarang menuju e-goverment, salah satunya melalui internet di telepon selular, “ katanya.

Pihaknya berharap rencana tersebut bisa segera diwujudkan agar bencana kebakaran di Kota Semarang bisa semakin berkurang dan mudah diatasi. (Bj)