Home Ekbis Inflasi Desember Diprediksi Satu Persen

Inflasi Desember Diprediksi Satu Persen

 

Solo, 2/12 (Beritajateng.net) – Inflasi di Solo, Jawa Tengah, dan sekitarnya diprediksi akan mencapai satu persen pada Desember 2014.

Tingginya angka inflasi tersebut salah satunya dipengaruhi masalah ongkos transportasi yang sampai sekarang belum diputuskan dan beberapa harga komoditas yang masih akan naik akibat kelangkaan barang, kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Solo Ismet Inono di Solo, Selasa.

Harga cabai dalam bulan mendatang diprediksikan masih terus naik dan komoditas ini yang juga penyumbang inflasi tertinggi.

Ia mengatakan inflasi di Solo dan daerah sekitarnya pada November 2014 mencapai sebesar 1,47 persen, nomor dua setelah Kudus untuk di Jawa Tengah, sementara nasional mencapai 1,5 persen.

Dikatakannya komoditas penyumbang inflasi terbesar di antaranya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM), langkanya komoditas cabai rawit, cabai merah, kenaikan tarif angkutan dalam kota, dan angkutan luar kota.

Komoditas yang menjadi penyumbang inflasi terbesar itu masih didatangkan dari luar daerah dan bahkan luar pulau. “Untuk memenuhi kebutuhan cabai didatangkan dari Pulau Lombok atau Bali,” kata Ismet Inono.(ant/pj)

Advertisements