Home Ekbis Ikut Yuk Program Undian Nota Restoran ‘Makan Kenyang Dapat Hadiah’ Bapenda

Ikut Yuk Program Undian Nota Restoran ‘Makan Kenyang Dapat Hadiah’ Bapenda

Semarang, 14/4 (BeritaJateng.net) – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota Semarang ke-474, Pemerintah Kota Semarang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang menyelenggarakan program undian nota restoran dengan tema Makan Kenyang Dapat Hadiah. Program ini melibatkan 474 restoran yang telah ditunjuk oleh Bapenda.

Plh Kepala Bapenda Kota Semarang, Widoyono mengatakan, seluruh masyarakat oleh mengikuti program undian tersebut tanpa dipungut biaya apapun. Syaratnya, saat mereka makan di 474 restoran itu harus mendapatkan nota atau struk transaksi.

Nota tersebut dikirimkan melalui WA Bapenda Kota Semarang yaitu 0811 2980 801.

Informasi mengenai cara pengiriman bisa dilihat di brosur atau mini banner di masing-masing restoran dan bisa melalui QR code. Bapenda juga telah mengunggah tata caranya di instagram Bapenda Kota Semarang.

“Periode undian mulai 15 April – 15 Mei 2021. Pengiriman nota melalui WA palong lambat 17 Mei 2021 dan pastikan harus mendapat balasan notifikasi nomor undian,” papar Wido, Selasa (13/4/2021).

Wido membeberkan, Pemkot telah menyiapkan sejumlah hadiah menarik berupa 10 kulkas, 10 Smart TV 32 inc, dan 10 LED TV 24 inc. Pengunguman pemenang nantinya dapat dilihat di website Bapenda Kota Semarang.

“Kemarin, kami pernah melakukan hal serupa dengan melibatkan 30 restoran. Kali ini, 474 restoran sesuai usia Kota Semarang. Ini untuk memberi penghargaan kepada pembeli yang merupakan wajib pajak restoran,” jelasnya.

Menurutnya, program ini akan mengedukasi dan membudayakan setiap restoran mengeluarkan nota atau struk dalam setiap transaksi. Hal ini berhubungan dengan ketaatan dalam membayar pajak. Jika restoran tertib mengeluarkan nota, Bapenda akan lebih mudah dalam melakukan pemantauan.

“Kalau animonya positif, yang akan datang kami tingkatkan baik dari segi waktu, kupon, atau restorannya, atau hadiahnya,” ujarnya.

Kabid Pajak II Bapenda Kota Semarang, Elly Asmara menambahkan, undian serupa rencananya akan dilakukan pada akhir tahun nanti. Menurutnya, realisasi pajak restoran di Kota Semarang sangat baik. Pada 2020 lalu, realisasi pajak restoran mencapai 100,6 persen atau Rp 117 miliar dari target Rp 116 miliar. Pada 2021, Pemerintah Kota Semarang menaikkan target menjadi Rp 249 miliar.

“Realisasi hingga Maret audah 13,5 persen,” sebut Elly. (El)