Home Nasional HUT Kemerdekaan RI, Tiga BUMN ini Bantu Infrastruktur Daerah

HUT Kemerdekaan RI, Tiga BUMN ini Bantu Infrastruktur Daerah

Bedah rumah veteran oleh tiga BUMN.

MANADO, 16/8 (BeritaJateng.net) – Menyambut HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-71, PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) bersama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, dan PT Industri Perkapalan Indonesia (Persero) turut membantu pembangunan infrastruktur di Provinsi Sulawesi Utara melalui Bedah Rumah Veteran, Pengadaan Sarana Air Bersih, dan Elektrifikasi Rumah Tangga yang Belum Teraliri Listrik. Kegiatan yang telah dimulai sejak awal Bulan Agustus 2016 dan direncanakan rampung  sebelum November 2016 itu bertujuan  membantu percepatan pembangunan infrastruktur bagi masyarakat yang ada di pelosok daerah.

Direktur Utama PT RNI B. Didik Prasetyo mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud nyata keterlibatan BUMN dalam pembangunan. BUMN, tambahnya, memiliki fungsi Bina Lingkungan dimana fungsi tersebut mewajibkan  perusahaan untuk peduli serta berkontribusi dalam pembangunan lingkungan. “Kami berharap kehadiran BUMN melalui program ini berpengaruh pada percepatan pembangunan infrastruktur di pelosok daerah yang kini tengah gencar diupayakan pemerintah,” ungkap Didik disela-sela peninjauan lokasi, Selasa (16/8).

Lebih lanjut, Didik mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari Program BUMN Hadir Untuk Negeri dalam rangka Peringatan HUT RI Ke-71 yang digagas oleh Kementerian BUMN. Melalui program ini, 118 BUMN secara serentak melaksanakan program serupa di seluruh provinsi. “PT RNI mendapat tugas di Provinsi Sulawesi Utara bersama PT Jasa Marga yang bertindak sebagai PIC dan PT Industri Kapal Indonesia,” katanya.

Melalui program ini ketiga BUMN tersebut akan membedah 40 rumah yang tersebar di 6 Kabupaten/Kota, yaitu Minahasa Tenggara, Minahasa Selatan, Minahasa, Minahasa Utara, Kepulauan, dan Kota Manado. “Untuk pendataan rumah veteran yang layak mendapat bantuan, kami bekerjasama dengan Legium Veteran Republik Indonesia, sedangkan eksekusi dilapangan melibatkan Korem dan Kodim setempat,” kata Didik.

Sementara, program Pengadaan Air Bersih akan dilaksanakan di 2 lokasi, yaitu Desa Tombatu III Timur, Kabupaten Minahasa Tenggara, dan Desa Kali Oki, Kabupaten Minahasa Tenggara. Didik mengatakan, sebelumnya PT RNI melakukan koordinasi dengan pemerintah setempat untuk mengetahui daerah mana yang membutuhkan sarana penyediaan air bersih.

“Penyediaan sarana air bersih dilakukan melalu pembuatan sumur bor dengan kedalaman kurang lebih 70 M, dari sumur tersebut akan dihasilkan debit air sebesar 3 m kubik/jam. Kami menyediakan instalasinya dari mulai pipa, pompa, hingga tangki dan memastikan agar air dapat mengalir dan dimanfaatkan oleh masyarakat” ujarnya.

Sementara itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Minahasa Tenggara Gotlieb Mamahit mengatakan, pihaknya meyakini bantuan ini akan sangat dirasakan kebermanfaatannya bagi masyarakat Desa Tombatu III Timur. Pasalnya, sudah lama daerah tersebut mengalami kesulitan air bersih. “Sudah 40 tahun kami harus pulang pergi mengangukut galon puluhan km menuruni bukit untuk mendapatkan air bersih. Keberadaan sumur didekat pemukiman akan sangat membatu,” ungkapnya.

Adapun untuk program Elektrifikasi Rumah Tangga dilaksanakan di Kota Manado dengan cakupan 100 rumah tangga dengan besaran daya 900 s/d 1.300 watt. “Kami menggandeng PT PLN dalam pelaksanaan program ini,” kata Didik.(bj05)

Advertisements