Home Lintas Jateng Hujan Deras, Dua Jembatan di Wonogiri Ambrol

Hujan Deras, Dua Jembatan di Wonogiri Ambrol

Jembatan Pokoh di Wonogiri yang mengalami ambrol akibat hujan deras. (BJ/HD)

Wonogiri, 16/12 (Beritajateng.net) – Hujan deras yang terjadi di wilayah Wonogiri dalam dua hari terakhir mengakibatkan dua jembatan di Jendi dan Pokoh, Wonogiri ambrol. Akibatnya, penghubung dua desa itu putus dan tak bisa dilalui lagi.

Jembatan Jendi yang menghubungkan Dusun Bendungan Desa Jendi dengan Dusun Kedungsari Desa Pule Selogiri berada di Dusun Bendungan RT 04/03 Ds Jendi Selogiri. Hujan deras mulai turun Senin (15/12) sekira pukul 15.30 sore. Selama kurang lebih satu jam hujan mengguyur hingga air meluap dan menggerus tanah serta bangunan jembatan.
Tak kuat menahan, akhirnya jembatan yang berukuran panjang 12 meter, tinggi 3 meter dan lebar 2,5 meter tersebut ambrol seketika. Kerugian dari peristiwa ini ditaksir sekitar Rp200 juta.

Camat Selogiri Bambang Haryanto bersama Muspida di lokasi kejadian mengatakan putusnya jembatan memang akibat derasnya arus sungai yang meluap sampai badan atas jembatan. “Hujan sore kemarin memang cukup deras, hingga sungai meluap dan menghantam badan jembatan,” paparnya, Selasa (16/12).

Sementara, jembatan lainnya di Pokoh Wonoboyo juga rusak berat akibat terjangan arus sungai. Walaupun salah satu tiang penyangga jembatan amblas, namun, jembatan tersebut masih tersambung. Pengguna jembatan di Dusun setempat juga kehilangan akses menuju dan ke Kelurahan Wonoboyo dan Desa Pokoh Kidul.

Lurah Wonoboyo Joko Prasetyo berharap jembatan yang ambrol segera mendapat perhatian dari Pemkab agar diperbaiki. “Mudah-mudahan (jembatan) segera diperbaiki. Walau kecil tapi sangat membantu masyarakat,” katanya. (HD/pj)