Home Lintas Jateng Hujan Deras di Semarang Sebabkan Banjir, Longsor dan Talud Ambrol

Hujan Deras di Semarang Sebabkan Banjir, Longsor dan Talud Ambrol

Semarang, 15/11 (BeritaJateng.net) – Hujan yang mengguyur kota Semarang, Selasa (15/11) siang menyebabkan banjir dan longsor disejumlah titik wilayah di Kota Semarang.

Seperti yang terjadi di Kecamatan Gajahmungkur, Semarang. Talud yang longsor menimpa rumah milik Deri, Suratman, Harto Rahmad dan Kristyanto warga Lempongsari RT02/03 dan RT03/03, Kecamatan Gajahmungkur sekira pukul 13.00 WIB tadi.

Salah satu korban, Harto Rahmad mengaku jika talud di depan rumahnya tersebut telah retak-retak jauh sebelum terjadinya longsor.
buy aciphex online healthsystems24.com/wp-content/languages/new/aciphex.html no prescription

Namun hujan deras yang mengguyur menyebabkan talud roboh dan menimpa rumah miliknya dan para tetangganya.

Banjir di bunderan Bubakan Semarang
Banjir di bunderan Bubakan Semarang

“Talud setinggi 6 meter dengan luasan sekitar 15 meter tersebut secara tiba-tiba menimpa beberapa rumah,” ujarnya.

Tiga rumah lain terkena dampak longsoran yakni rumah milik Deri A., Suratman dan Kristyanto warga Lempongsari RT02/03 dan RT03/03. Kerugian diperkirakan mencapai lebih dari Rp. 10 juta.

Sementara itu, Suharto, Petugas Posko BPBD Kota Semarang melaporkan jika terdapat longsor di beberapa wilayah.

Longsor di Tegalsari
Longsor di Tegalsari

“Selain Lempongsari, tanah longsor juga terjadi di Srondol Kulon Rt 03/10 yang menimpa rumah milik Yanti. Di Randusari Rt 06/04 Kecamatan Semarang Selatan longsor juga menimpa sebuah rumah milik Suyati. Sedangkan di Tegalsari, tepatnya di Jalan Wilir Rt 07/04 Kecamatan Candisari juga terdapat longsoran yang sempat memutus jalan masuk, namun sudah berhasil dievakuasi petugas,” ujarnya.

Menurutnya, tanah longsor yang terjadi di beberapa titik merupakan kawasan perbukitan yang dihuni pemukiman padat penduduk. “Beruntung tidak ada korban jiwa dalam longsor tersebut,” imbuhnya.

Tak hanya longsor, lanjutnya banjir juga menggenangi sejumlah titik seperti di Simpanglima bagian Barat, jalan Pahlawan, Bunderan Bubakan, Jalan Citarum, Mangkang dan Genuk.

img-20161115-wa0019“Luapan air sungai bercampur lumpur juga terjadi di Deliksari RT 02/06 Sukorejo, kecamatan Gunungpati, Semarang. Lumpur dan air masuk rumah hingga sepinggang orang dewasa, akhirnya korban dievakuasi ketempat yang aman oleh warga. Talud di Mangkang Wetan jebol dan merendam area persawahan.
buy prednisone online healthsystems24.com/wp-content/languages/new/prednisone.html no prescription

Ada pula beberapa pohon tumbang di Citarum dan Kampung Kali, namun telah di atasi petuga. Hingga saat ini dilaporkan tak ada korban jiwa.
buy azithromycin online healthsystems24.com/wp-content/languages/new/azithromycin.html no prescription

Tim BPBD Kota Semarang telah menerjunkan tim dan bantuan logistik kelokasi bencana tersebut,” terangnya. (Bj)