Home Hiburan Hobi Mainan dan Foto, Yuk Gabung Toys Photography

Hobi Mainan dan Foto, Yuk Gabung Toys Photography

image

Semarang, 5/7 (BeritaJateng.net) – Ada yang menarik di Taman KB Jalan Menteri Supeno, Minggu (5/7) hari ini. Sekelompok orang sibuk memotret dan mengarahkan model sesuka hati. Namun model mereka kali ini bukanlah wanita cantik maupun pria tampan, melainkan beberapa mainan yang menjadi sasaran kamera.

Ya… Toys Photography namanya, adalah sekelompok pecinta fotografi khusus mainan plastik.

Salah seorang anggota Toys Photography, Ade Lukmono menjelaskan, kegiatan ini bukan kegiatan sebuah komunitas, melainkan hanya hobi.

“Kami tidak tergabung dalam komunitas, tetapi sudah melakukan kegiatan semacam ini beberapa kali. Tidak ada jadwal rutin. Hanya ketika mengisi liburan atau ketika ada yang punya mainan baru,” kata pria asal Grobogan ini.

Awalnya, mereka hanya saling mengunggah hasil jepretan masing-masing di twitter dan instagram. Dengan ketertarikan yang sama, mereka akhirnya mengadakan gathering untuk bisa saling tukar menukar obyek foto.

Dia menambahkan, dalam Toys Photography, tidak hanya dibutuhkan kemampuan untuk menjepret mainan dengan kamera. Yang paling penting adalah memposekan mainan sehingga terlihat hidup.

Yang terpenting juga adalah cara mengambil angle photo. “Sebisa mungkin membuat mainan kita terlihat besar seperti ukuran normal. Hal itu bisa dilakukan jika pemotret memposisikan diri seukuran dengan mainan tersebut,” paparnya.

Biasanya, hasil jepretan mainan akan diunggah ke media sosial masing-masing dan menjadi bahan sharing atau evaluasi untuk menghasilkan gambar yang lebih baik ke depannya.

Bukan hanya ade yang merasa senang dengan hobinya ini, anggota lain Toys Photography, Rosalinda Firdaus mengatakan, dia lebih leluasa menggerakkan model sehingga bisa berpose sesuai keinginannya.

“Tapi kesulitannya adalah mainan tidak bisa berekpresi, tinggal pintar-pintarnya kita menggerakkan mainan dan membidik dari sudut yang tepat,” kata gadis yang sudah mengikuti kegiatan ini selama dua kali.

Kegiatan memotret mainan yang dilakukan di Taman Menteri Supeno, Minggu (5/7) ini menyita perhatian beberapa pengunjung Car Free Day (CFD). Bahkan, ada yang langsung ikut bergabung untuk memotret mainan yang dibawa oleh beberapa orang yang memang sudah menyiapkan mainannya.

Tidak hanya dia, 10 orang lain juga mengikuti kegiatan memotret mainan tersebut. Ada beberapa mainan yang dipotret dalam acara ini, antara lain Gundam, Action Figure, Hotwheels dan lain-lain.

Selain mengadu kemampuan anggotanya di bidang fotografi, disediakan pula hadiah dalam kegiatan Minggu (5/7), yaitu berupa Die Cast Optimus Prime dari salah seorang peserta yang mengikuti kegiatan ini. (BJ05)