[HOAKS] Warga Pulau Madura Tolak Kedatangan Mahfud MD

Penjelasan :

Beredar sebuah unggahan berupa tautan YouTube di media sosial Facebook dengan klaim narasi yang menyebutkan “TOLAK KEDATANGAN MAHFUD MD!! WARGA MADURA HADANG MOBIL MAHFUD MASUK SURAMADU!!”. Thumbnail pada video tersebut menampilkan gambar beberapa warga yang sedang melakukan demonstrasi.

Dilansir dari artikel beritakompas.com, narasi yang menyebutkan warga Pulau Madura menolak kedatangan Mahfud MD adalah tidak benar. Gambar serupa ditemukan pada artikeljatimnow.com¬†yang diunggah pada Senin, 21 Juni 2021 dengan judul “Ratusan Warga Madura Minta Wali Kota Surabaya Hentikan Penyekatan di Suramadu”. Artikel tersebut membahas warga Pulau Madura melakukan protes kebijakan penyekatan dan swab test antigen di Jembatan Suramadu.

Selain itu narator hanya membahas pernyataan politikus Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Ade Armando yang mengatakan sikap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang memperlakukan Ganjar Pranowo sebagai boneka partai membuat dukungan terhadap mantan Gubernur Jawa Tengah itu menurun di Pemilihan Umum Presiden (Pilpres) 2024. Dapat disimpulkan, isi narasi yang dibacakan oleh narator tidak ada kaitannya dengan judul pada unggahan tersebut.

KATEGORI: HOAKS

Link counter:

Leave a Reply