[HOAKS] Video Megawati Marah Besar karena Presiden Jokowi “Obok-Obok” PDIP

Penjelasan :

Beredar unggahan di media sosial sebuah konten video dengan gambar thumbnail yang memperlihatkan Megawati Soekarnoputri berbicara sambil mengepalkan tangan di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Konten tersebut dilengkapi dengan narasi yang mengeklaim bahwa Megawati marah besar karena Presiden Jokowi “obok-obok” Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Dilansir dari merdeka.com, klaim Megawati marah besar terhadap Presiden Jokowi karena disebut ‘obok-obok’ PDIP adalah hoaks. Berdasarkan hasil penelusuran, gambar thumbnail pada video tersebut identik dengan artikel berita situs kompas.id dengan judul “Megawati Ingatkan Ada Pihak yang Gunakan Politik Pecah Belah” yang dirilis pada 3 Agustus 2023.

Sementara itu, cuplikan video serupa ditemukan di kanal YouTube Indonesian Lawyers Club dengan judul “MK BUKA “JALAN TOL” UNTUK DINASTI // PDIP TUTUP PINTU UNTUK GIBRAN // DEKLARASI MAHFUD” yang diunggah pada 19 Oktober 2023. Dalam video, tidak dimuat narasi yang menyebut Megawati marah besar-besaran pada Presiden Jokowi. Oleh karena itu, isi dalam video dan klaim yang disebarluaskan tidak berkaitan.

Kategori: Disinformasi

Link Counter:

Leave a Reply