Home Hiburan Hmmm Nikmatnya Telur Mimi, Makanan Khas Sambut Ramadhan

Hmmm Nikmatnya Telur Mimi, Makanan Khas Sambut Ramadhan

image

Semarang, 17/6 (BeritaJateng.net)-Ada tradisi unik menjelang puasa di Kaliwungu Kendal. Warga berburu makanan khas khusus menjelang Ramadhan. Makanan tersebut yakni berupa telur mimi.

Seakan wajib hukumnya bagi masyarakat untuk memburu telur mimi ini dengan tujuan memperoleh keberkahan saat menjalani ibadah puasa Ramadhan. Telur mimi itu biasa didapatkan warga beserta sejumlah jajanan tradisional lain pada tradisi Megengan. Tradisi itu tiap tahunnya digelar di halaman Masjid Al Mutaqqin Kaliwungu.

Telur mimi merupakan makanan yang sering diburu warga. Berbahan telur ikan mimi dan diberi bumbu parutan kelapa yang wajib dicoba sebelum melaksanakan ibadah puasa.

Ikan mimi merupakan sejenis ikan pari namun mempunyai kulit yang keras. Biasa ditemukan di perairan laut jawa, sekitar perairan Kendal. Ikan itu dicari yang bertelur, kemudian direbus dengan bumbu rempah-rempah setelah itu disajikan dengan parutan kelapa dan bumbu pedas.

“Harga seplastik kecil telur mimi berkisar Rp 15 ribu tetapi pedagang sering menjual secara utuh seekor mimi dengan harga Rp 50 ribu,” kata Melly salah satu penjual telur mimi.

Menikmati telur mimi sebelum memasuki bulan puasa seakan menjadi menu wajib. Banyak yang meyakini belum afdol jika berpuasa di bulan Ramadhan  tanpa mencoba lezatnya telur mimi khas Kaliwungu ini.

“Telur mimi disimbolkan pasangan abadi. Sejalan dengan legenda mimi dan mintuno yang selalu bersama hingga kakek dan nenek mengarungi kehidupan,” kata Joko, warga Kaliwungu. (Mg-1)