Home Lintas Jateng Hendi Ajak Generasi Muda Lebih Cinta Semarang

Hendi Ajak Generasi Muda Lebih Cinta Semarang

image

Semarang, 24/4 (Beritajateng.net)-Menjelang hari jadi-468 Kota Semarang, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi bersama jajaran Pemkot termasuk Muspida melaksanakan ziarah ke makam Sunan Tembayat di Klaten, Kamis (23/4).

Pada ziarah kali ini Pemkot juga melibatkan siswa-siswi SMP, SMA maupun SMK. Diantaranya SMP N 5, SMA N 6, SMA N 8, SMA Kesatrian 1. Program yang digagas Dinsospora ini dimaksudkan untuk mengenalkan para pelajar pada pendiri kota, yakni Ki Ageng Pandanaran atau dikenal dengan Sunan Tembayat.

“Melalui kegiatan ziarah ini generasi muda Semarang diharapkan akan lebih mencintai dan bangga dengan kotanya sendiri sehingga akan berbuat yang terbaik untuk Kota Semarang,” kata Hendrar Prihadi usai memberi sambutan.

Hendi, sapaan akrab Hendrar Prihadi menegaskan, kegiatan ziarah ini merupakan salah satu wujud penghormatan atas jasa-jasa dan pengorbanan Sunan Tembayat. Namun demikian, dirinya meminta agar ziarah ini tidak hanya sebatas kegiatan seremonial semata, melainkan harus benar-benar diresapi maknanya untuk menumbuhkan semangat dan motivasi dalam membangun Kota Semarang.

“Sunan Tembayat adalah bagian sejarah dari Kota Semarang, mudah-mudahan kita bisa meniru suri teladannya. Bahwa selama kita hidup, tidak hanya ngurusi awake dewe, tapi juga ngurusi orang lain yang membutuhkan pertolongan dan juga bisa mengurusi bangsa dan negara kita,” tuturnya.

Oleh karenanya selama masih ada waktu, selain berdoa, masyarakat diminta berperan aktif demi kemajuan Kota Semarang. “Tidak hanya pemerintah, tapi juga peran aktif masyarakat. Karena Semarang bukan milik pemerintah, tapi juga milik masyarakat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Hendi mengajak semua peziarah untuk dapat mewarisi nilai-nilai perjuangan Sunan Tembayat. Nilai-nilai patriotisme yang dimiliki Sunan Tembayat memiliki makna kebersamaan, keguyuban, dan semangat saling tolong menolong untuk sesama.

Nilai-nilai tersebut, lanjutnya, perlu senantiasa diteladani sebaik-baiknya dalam membangun dan memajukan Kota Semarang. Pentingnya semangat kebersamaan tersebut juga sejalan dengan tema hari jadi ke-468 Kota Semarang “Bergerak Bersama, Membangun Kota”.

Peringatan hari jadi ke-468 Kota Semarang ini juga diharapkan dapat dijadikan momentum memperkuat kebersamaan, membangun kebanggaan akan Kota Semarang, serta terus berperan dalam membangun dan menjadikan Kota Semarang semakin maju dan makin sejahtera.(semarangkota.go.id)