Home News Update Hatta Rajasa Masih Layak Pimpin PAN

Hatta Rajasa Masih Layak Pimpin PAN

hatta rajasa

Jakarta, 24/2 (BeritaJateng.net) – Pengamat Habibie Center Bawono Kumoro menilai Hatta Rajasa masih pantas memimpin atau menjabat ketua umum Partai Amanat Nasional (PAN), di antaranya karena keberhasilan peningkatan perolehan suara pada Pemilu Legislatif lalu.

“Perolehan suara PAN pada Pemilu Legislatif lalu mengalami peningkatan signifikan dibandingkan Pemilu Legislatif 2009,” kata Bawono saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Bawono menyebutkan perolehan suara PAN pada Pemilu Legislatif 2014 sebesar 9,4 juta merupakan prestasi tertinggi.

Bawono menuturkan Hatta Rajasa menunjukkan kinerja yang baik selama lima tahun kiprahnya sebagai ketua umum PAN.

Pencapaian positif itu, menurut pengamat politik dari Universitas Paramadina tersebut, sebagai modal Hatta Rajasa memimpin PAN selama lima tahun mendatang.

Selain itu, Bawono juga menyebutkan PAN di bawah kepemimpinan Hatta Rajasa menjadi pemeran utama pada Pemilihan Presiden 2014.

“Pasangan Prabowo-Hatta terbukti kalah tipis dari Jokowi-JK,” ungkap Bawono.

Pencapaian itu menunjukkan pencalonan Hatta sebagai kandidat ketua umum PAN diprediksi akan berdampak positif khususnya menyongsong Pemilu 2019.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum DPP PAN Drajat Wibowo juga menyinggung keberhasilan PAN di bawah kepemimpinan Hatta.

Drajat membandingkan pencapaian PAN pada masa kepemimpinan Hatta dengan calon Ketua Umum Zulkifli Hasan saat menjabat Sekretaris Jenderal era Ketua Umum Sutrisno Bachir.

Pada Kongres PAN di Bali sekitar akhir Februari 2015, kemungkinan Hatta Rajasa akan bersaing menjadi Ketua Umum dengan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang dimajukan Ketua MPP PAN Amien Rais. (ant/BJ)