Home Headline HPN 2015 Dorong Sinergisme Humas dan Wartawan

HPN 2015 Dorong Sinergisme Humas dan Wartawan

hari-pers-nasional-2015Batam, 5/2 (Beritajateng.net) – Pagelaran ASEAN Public Relation Summit (APRS) 2015 yang merupakan rangkaian peringatan Hari Pers Nasional di Batam, Kepulauan Riau, mendorong terjalinnya sinergisme praktisi humas dengan insan pers dalam memberikan informasi yang benar kepada khalayak.

“Insan pers itu dibekali sikap skeptis, dia tidak terlalu percaya terhadap omongan ‘public relation’. Karena ‘public relation’ umumnya menganut asas ‘right or wrong is my company/institution’. Maka harus ada sinergisme antara keduanya,” ujar Ketua Harian Serikat Perusahaan Pers (SPS) Pusat Muhammad Ridlo Eisy di Batam, Kamis.

Ridlo yang juga merupakan anggota Dewan Pers mengharapkan melalui kegiatan APRS 2015, yang didukung Serikat Perusahaan Pers, sinergisme praktisi humas dengan insan pers dapat dibangun.

Menurut Ridlo, dalam beberapa kasus praktisi humas dan insan pers bak dua pribadi dengan kepentingan berbeda terkait penyampaian informasi.

Misalnya, terkait pemberitaan penunggakan pajak suatu perusahaan, wartawan dituntut untuk menyampaikan informasi yang benar kepada khalayak, namun di sisi lain humas perusahaan bersangkutan tidak akan mengumbar borok perusahaan tempatnya bekerja dan malah memberikan informasi tidak benar.

“Inilah yang harus disatukan. Yang diinginkan insan pers, ‘public relation’ itu janganlah berbohong,” kata dia.

Menurut Ridlo, humas bersangkutan bisa saja menyampaikan informasi tanpa perlu berbohong. Misalnya dengan menyatakan bahwa perusahaannya memang mengalami keterlambatan pembayaran pajak.

“Dengan begitu artinya perusahaannya mengalami keterlambatan, bukannya tidak membayar pajak,” kata dia.

Meskipun demikian Ridlo mengatakan bahwa hal semacam itu memerlukan proses. Dia menyadari bahwa praktisi humas diberikan kepercayaan oleh perusahaan tempatnya bekerja untuk senantiasa menjaga reputasi perusahaan.

“Jadi, antara wartawan dengan humas memang pasti berjarak. Semua ini memang berat dan butuh proses panjang. Kami harap melalui APRS bisa terbuka diskusi yang baik atas hal ini,” tuturnya.

Pagelaran ASEAN Public Relation Summit 2015 sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Pers Nasional 2015 dibuka oleh Wali Kota Batam Ahmad Dahlan.

Dalam sambutannya Ahmad Dahlan berharap APRS 2015 dapat menjadi ajang bagi praktisi humas se-ASEAN untuk berkolaborasi menghadapi era Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Pers Nasional 2015 berlangsung 1-10 Februari 2015 di Batam dan Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Puncak acara Hari Pers Nasional akan berlangsung 9 Februari 2015 di Hotel Harmoni One, Batam, dan dijadwalkan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.(ant/bj02)