Home Lintas Jateng Hari Kemerdekaan RI, Tarif BRT Semarang Hanya Rp. 71

Hari Kemerdekaan RI, Tarif BRT Semarang Hanya Rp. 71

Semarang, 16/8 (BeritaJateng.net) – Pemerintah Kota Semarang menerapkan program khusus bagi pengguna layanan Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang dengan tarif hanya sebesar Rp 71 selama tiga hari.

“Program ini untuk mensukseskan dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-71 Republik Indonesia,” kata Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang akrab disapa Hendi, di Balaikota Semarang.

Hal tersebut diungkapkannya usai menghadiri rapat paripurna istimewa DPRD Kota Semarang untuk mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo menyambut HUT Ke-71 RI.

Hendi menjelaskan program itu khusus bagi pemilik atau pengguna sistem “e-ticketing” yang akan dikenai tarif sebesar Rp71 untuk menggunakan layanan transportasi BRT Trans Semarang.

“Mulai hari ini, besok (17/8), dan tanggal 18 Agustus 2016, pemilik (pengguna ‘e-ticketing’, red.) hanya dikenai biaya Rp71 rupiah kemana-mana mau muter Semarang naik BRT Trans Semarang,” katanya.

Ia menjelaskan saat ini sudah banyak masyarakat yang menanyakan program khusus BRT Trans Semarang menyambut HUT Ke-71 RI itu, baik melalui pesan singkat (SMS) maupun lewat media sosial.

“Yang biasanya (tarif BRT Trans Semarang, red.) Rp3.500/orang, ini (selama tiga hari, red.) hanya Rp71. Karena itu, ‘monggo’ (silakan) dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” katanya.

Selain untuk menyambut HUT RI, kata dia, program tersebut sekaligus untuk menyosialisasikan dan mengajak warga masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke BRT Trans Semarang.

“Buat yang mungkin sudah bertanya, lewat SMS, twitter, dan sebagainya, beli tiketnya (e-ticket, red.) di mana? Saya sampaikan ‘e-ticket’ ini tersedia di beberapa tempat,” katanya.

Di antaranya, kata Hendi, bisa didapatkan di shelter di depan Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Semarang, shelter di kawasan Simpang Lima Semarang, dan di sejumlah shelter lainnya.

Saat ini sudah ada empat koridor BRT Trans Semarang yang dioperasikan, yakni Koridor I melayani rute Mangkang-Penggaron pulang-pergi (PP), Koridor II melayani Terminal Terboyo-Sisemut PP.

Kemudian, Koridor III yang melayani penumpang dengan rute Pelabuhan Tanjung Emas-Jalan Sisingamangaraja, dan Koridor VI dengan rute Cangkiran-Bandara Internasional Ahmad Yani PP. (Bj05)