Home Ekbis Harga Minyak di Perdagangan Asia Naik Tipis

Harga Minyak di Perdagangan Asia Naik Tipis

Ilustrasi
Ilustrasi
Ilustrasi

Singapura, 16/1 (Beritajateng.net) – Harga minyak berbalik naik di perdagangan Asia pada Jumat, setelah terjun di sesi sebelumnya sebagai reaksi terhadap berita bahwa OPEC telah memproduksi melebihi kuotanya pada Desember, sementara juga memangkas prospek permintaan globalnya.

Patokan AS, minyak mentah light sweet atau West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari, yang merosot 2,23 dolar AS pada Kamis, naik 22 sen menjadi 46,47 dolar AS pada perdagangan sore.

Minyak mentah Brent North Sea untuk pengiriman Maret bertambah 12 sen menjadi 48,39 dolar AS. Kontrak Februari untuk Brent turun 1,02 dolar AS pada Kamis, hari terakhir perdagangannya.

Meskipun pada Jumat membukukan keuntungan kecil, pasar masih tertekan oleh tingginya pasokan dan lemahnya permintaan, sementara analis memperingatkan volatilitas lebih besar akan datang.

Ke-12 negara OPEC, yang memproduksi sekitar sepertiga dari persediaan dunia, mengatakan dalam laporan bulanannya pada Kamis bahwa produksinya naik menjadi 30,2 juta barel per hari pada Desember, di atas batasnya sebesar 30 juta barel.

OPEC juga memproyeksikan bahwa permintaan minyak dunia akan turun menjadi 28,8 juta barel per hari tahun ini dari 29,1 juta barel pada 2014.

“Efek yo-yo dari harga minyak mentah dapat dikaitkan dengan ketidakpastian di pasar,” kata Shailaja Nair, associate direktur editorial di penyedia informasi energi Platts, menunjuk ke “dolar yang tidak stabil” dan “pasar ekuitas tidak teratur”.

“OPEC baru saja memperkirakan penurunan permintaan minyak tahun ini dan ini bisa berarti bahwa reli harga yang kita lihat minggu ini tidak mungkin bertahan,” kata dia.

Harga minyak telah kehilangan lebih dari setengah nilai mereka sejak berada di atas 100 dolar AS pada Juni tahun lalu, karena melemahnya permintaan dan dolar yang kuat diperburuk dengan keputusan OPEC pada November untuk mempertahankan tingkat produksinya meskipun pasokan global membanjir.(ant/bj02)

Advertisements