Home Ekbis Harga Ikan di TPI Pekalongan Stabil

Harga Ikan di TPI Pekalongan Stabil

Ilustrasi

images(26)

Pekalongan, 16/11 (Beritajateng.net) – Harga ikan di Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan, Jawa Tengah, masih stabil karena pasokan melimpah.

Kepala Tempat Pelelangan Ikan Kota Pekalongan Kasim Sumadi di Pekalongan, Minggu, mengatakan bahwa kondisi cuaca di perairan laut yang relatif membaiki berpengaruh terhadap hasil tangkapan ikan nelayan melimpah sehingga harga ikan stabil.

“Saat ini, harga ikan jenis tongkol Rp16 ribu per kilogram, ikan layang Rp17.500,00/kg, dan ikan tengiri masih tetap Rp7.500,00/kg,” katanya.

Menurut dia, dengan melimpahnya persediaan ikan tersebut mampu memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap ikan.

“Kami berharap kondisi cuaca terus ‘bersahabat’ agar para nelayan dapat melaut dengan tenang dan hasil tangkapan ikan akan melimpah. Selain itu, kami juga juga berharap nilai lelang bisa meningkat agar target PAD dapat tercapai,” katanya.

Ia mengatakan bahwa pendapatan asli daerah yang berasal dari sektor perikanan di tempat pelelangan ikan sebesar Rp4,5 miliar.

“Akan tetapi, hingga November 2014, realisasi PAD di TPI baru mencapai sekitar Rp3 miliar,” katanya.

Ia mengatakan bahwa hasil lelang ikan para nelayan di TPI sejak Januari–pertengahan November 2014 mencapai sekitar Rp130 miliar “Dari hasil lelang sebesar Rp130 miliar itu, 3 persennya saja yang dimasukkan dalam pendapatan asli daerah. Kendati demikan, kami optimistis target PAD 2014 dapat tercapai meskipun sudah mendekati akhir 2014,” katanya.(ant/pj)

Advertisements