Home Ekbis Harga Cabai Terus Meroket di Semarang

Harga Cabai Terus Meroket di Semarang

Pedagang cabai keluhkan mahalnya harga cabai di Semarang.

Semarang, 6/1 (BeritaJateng.net) – Memasuki tahun Baru 2017, harga kebutuhan bahan pokok saat ini mengalami kenaikan. Seperti salah satunya cabai merah dan rawit di Kota Semarang yang mencapai Rp 120 perkilogramnya.

Di kota Semarang seperti Pasar Kanjengan Kawasan Johar Semarang, harga cabai rawit saat ini telah terjadi kenaikan sejak pekan lalu hingga sekarang.

Salah satu pedagang cabai rawit di Pasar Kanjengan Semarang, Istiqomah mengatakan kenaikan harga terjadi lantaran distribusi cabai dari Magelang dan Jawa Timur berkurang atau terlambat.

Keterlambatan ini terjadi karena cuaca buruk, sehingga stok cabai di Semarang khususnya tak cukup memenuhi semua permintaan pasar. Sedangkan kebutuhan konsumen cukup tinggi sejak memasuki perayaan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017.

“Sudah satu minggu kiriman cabai dari Magelang dan Surabaya terlambat,” ungkapnya.

Ibu penjual cabai asal Bandungan Kabupaten Semarang ini mengatakan dengan kenaikan harga cabe rawit yang dulunya hanya Rp 60 ribu menjadi Rp 85 ribu per kilogram ini, menurutnya membuat pedagang merasa gelisah.

“Kegelisahan ini lantaran jumlah pembeli semakin menurun karena mahalnya harga cabai rawit,” tambahnya.

Sementara itu, Warni pedagang cabai rawit di Pasar Kanjengan Semarang juga mengatakan, memasuki musim hujan harga cabai mengalami kenaikan. Bahkan tahun-tahun sebelumnya kenaikan pernah mencapi Rp 120 ribu lebih per kilogram.

Pedagang di Pasar Bulu Semarang juga menyampaikan adanya kenaikan harga cabai. Seperti salah seorang pedagang di pasar Bulu, Abudullah, mengatakan kenaikan harga cabai rawit selalu terjadi setiap akhir tahun dan awal tahun. Selain cabai, harga bahan kebutuhan lainnya, seperti sayur-sayuran juga mengalami kenaikan hingga 20 persen.

Banyak pedagang kecil yang terpaksa mengurangi penjualan. Tak sedikit pula pedagang yang beralih menjual bahan makanan lain seperti tahu dan tempe.

“Bisa dikatakan menjual cabai saat ini belum menguntungkan. Kami berharap pemerintah bisa melakukan operasi pasar untuk menekan harga cabai,” tuturnya. (AK/EL)

Advertisements