Home Ekbis Harga Cabai di Purbalingga Masih Tinggi

Harga Cabai di Purbalingga Masih Tinggi

image

Purbalingga, 30/11 (Beritajateng.net) – Harga cabai di Pasar Segamas, Purbalingga, Jawa Tengah, bertahan tinggi, kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Kabupaten Purbalingga Agus Winarno.

“Masih tingginya harga cabai itu tidak hanya karena minimnya pasokan dari petani tetapi juga dampak kenaikan harga bahan bakar minyak,” katanya, di Purbalingga, Minggu.

Dalam hal ini, kata dia, pasokan cabai dari petani menurun akibat tingginya curah hujan yang terjadi sejak awal musim hujan.

Menurut dia, kenaikan harga BBM bersubsidi yang berlangsung sejak tanggal 18 November 2014 turut memicu kenaikan harga cabai karena biaya distribusi bertambah.

“Kenaikan harga BBM juga turut memicu kenaikan harga beberapa kebutuhan pokok masyarakat namun masih dalam batas kewajaran. Kami akan terus memantau kenaikan harga kebutuhan masyarakat,” katanya.

Salah seorang pedagang di Pasar Segamas, Hadiyah (50) mengakui bahwa hingga saat ini harga cabai masih bertahan tinggi akibat minimnya pasokan dari petani dan kenaikan harga BBM.

Menurut dia, harga cabai rawit merah telah mencapai Rp70 ribu per kilogram, cabai rawit hijau Rp25 ribu/kg, cabai rawit putih (hijau muda) Rp45 ribu/kg, cabai merah besar Rp50 ribu/kg, dan cabai merah keriting Rp60 ribu/kg.

“Saya sekarang mengurangi stok cabai, takut tidak laku terjual karena konsumen membelinya secara eceran, paling satu ons. Biasanya, stok cabai yang saya sediakan rata-rata mencapai 10 kilogram untuk setiap jenisnya, sekarang paling hanya 2-3 kilogram saja,” katanya.

Menurut dia, kenaikan harga cabai juga berdampak pada penjualan sejumlah sayuran yang biasa digunakan untuk lalapan.

“Kalau harga cabai sedang tinggi, penjualan sayuran lalapan juga menjadi lesu,” jelasnya.

Selain cabai, kata dia, kenaikan harga juga terjadi pada bawang putih, yakni dari Rp15 ribu/kg menjadi Rp18 ribu/kg sedangkan harga bawang merah justru turun dari Rp16 ribu/kg menjadi Rp12 ribu/kg.(ant/pj)