Home News Update Harga Beras Melambung, Bulog Segera Salurkan Raskin

Harga Beras Melambung, Bulog Segera Salurkan Raskin

beras bulog

Semarang, 2/3 (BeritaJateng.net) – Bulog Divisi Regional Jateng segera menyalurkan beras miskin atau raskin, untuk menstabilkan harga beras dipasaran. Beras tersebut disalurkan agar harga beras di pasaran tidak terus merangkak naik. 

Kepala Bulog Divisi Regional Jateng, Damin Hartono Roestam menuturkan, kenaikan beras yang terjadi saat ini dipicu penyaluran raskin yang ‘mandek’ selama tiga bulan.

Hal ini dikarenakan Bulog menunggu keputusan pemerintah, adanya wacana bahwa raskin akan diganti dengan uang, maka dari itu pihaknya langsung menyalurkan jatah raskin bulan Januari pada Februari minggu pertama dan kedua.

“Raskin Februari diberikan pada minggu ketiga bulan yang sama, sedangkan untuk raskin bulan Maret mendatang disalurkan pada minggu pertama dan kedua bulan tersebut, penyaluran raskin ini untuk mengendalikan harga beras agar tidak terus merangkak naik,” paparnya.

Sementara Itu, lanjutnya, kebutuhan Raskin untuk wilayah Jateng sebesar 37 ribu 233 ton per bulannya dengan realisasi mencapai 50 ribu ton, sedangkan persediaan operasional untuk wilayah Jateng sebesar 207 ribu ton, persediaan tersebut mampu mencukupi kebutuhan penyaluran Raskin sampai Agustus tahun ini.

Selain itu, menurutnya kenaikan harga beras juga diakibatkan datangnya musim paceklik yang menyebabkan mundurnya musim panen raya.

“Prediksi harga beras nantinya akan turun, sebab saat ini harga gabah kering panen mengalami penurunan dari 4700 per kilogram menjadi 4500 per kilogram, dengan adanya percepatan ini yang diikuti turunnya harga gabah, diharapkan harga beras akan segera turun,” ungkapnya. (Bj05)