Home Ekbis Harga Beras di Temanggung Turun

Harga Beras di Temanggung Turun

Harga Beras

Temanggung, 3/3 (BeritaJateng.net) – Harga beras di Temanggung, Jawa Tengah, pada awal Maret 2015 cenderung turun antara Rp200 hingga Rp500 per kilogram.

“Harga beras yang sebelumnya terus naik, saat ini cenderung turun,” kata pedagang beras di Jalan Rolikuran, Purwadi (55) di Temanggung, Selasa.

Ia menyebutkan harga beras IR 64 yang sebelumnya mencapai Rp11.200 per kilogram, kini turun menjadi Rp11.000 per kilogram, mentik wangi yang semula Rp11.500 per kilogram menjadi Rp11.000 per kilogram, dan beras pandan wangi dari Rp12.500 per kilogram menjadi Rp12.000 per kilogram.

Menurut dia penurunan harga beras tersebut karena beras untuk masyarakat miskin (raskin) mulai digelontorkan ke masyarakat.

“Penyaluran raskin sangat berpengaruh terhadap harga beras di pasaran,” katanya.

Menurut dia harga beras bisa turun lagi karena beberapa daerah akan memasuki masa panen. Pedagang di pasar tradisional Temanggung, Aminah berharap harga beras kembali normal agar permintaan tinggi.

“Kami berharap harga beras turun dan stabil, karena dengan harga tinggi justru permintaan turun dan pendapatan kami berkurang,” katanya.

Ia mengatakan selama ini pasokan beras berjalan lancar, meskipun harganya sempat melambung. (ant/BJ)