Home Ekbis Harga Beras di Cilacap Mulai Normal

Harga Beras di Cilacap Mulai Normal

image

Cilacap, 24/3 (Beritajateng.net) – Harga beras di sejumlah pasar tradisional Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, kembali normal setelah sempat menembus kisaran Rp10.000-Rp10.500 per kilogram.

Dari pantauan di Pasar Sidodadi dan Pasar Tanjungsari, Cilacap, Selasa, harga beras IR-64 kualitas medium yang sempat mencapai Rp10.000/kg, saat ini turun menjadi Rp8.000/kg.

Sementara harga beras IR-64 kualitas premium turun dari Rp10.500/kg menjadi Rp9.000/kg.

Salah seorang pedagang beras di Pasar Sidodadi, Sumirah mengatakan bahwa penurunan harga ini berlangsung secara bertahap sejak area persawahan di Cilacap memasuki masa panen.

“Awal pekan lalu, harga beras IR-64 kualitas medium turun dari Rp10.000/kg menjadi Rp9.000/kg, sekarang turun lagi jadi Rp8.000/kg. Harga sebesar Rp8.000/kg ini sudah normal seperti sebelum terjadi kenaikan,” katanya.

Bahkan, dia memperkirakan harga beras akan kembali turun karena saat ini sedang berlangsung panen raya sehingga pasokan bakal semakin banyak.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Cilacap Dian Arinda Murni mengakui bahwa penurunan harga beras itu terjadi karena wilayah Cilacap sedang memasuki panen raya.

Dengan demikian, kata dia, pasokan gabah dari petani ke penggilingan semakin banyak dan harga beras di pasaran menjadi turun.

“Turunnya harga beras memang berlangsung secara bertahap sejak awal masa panen kemarin,” katanya.(ant/BJ)