Home Hukum dan Kriminal Hakim Periksa Empat Saksi Penggelapan Mobil Rental

Hakim Periksa Empat Saksi Penggelapan Mobil Rental

Puluhan mobil hasil kejahatan diamankan di Mapolda Jateng.

SEMARANG, 3/1 (BeritaJateng.net) – Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Semarang memeriksa empat saksi dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan dengan terdakwa Adhi Siswanto, ketua Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia (LCKI) Jateng nonaktif. Keempat saksi yang dihadirkan dalam sidang di PN, Selasa (3/1) itu ialah dua petugas Polrestabes Semarang Gunawan Eko Anggoro dan Muhammad Andi pencari mobil rental, serta Hendrik.

Mereka memberikan keterangan terkait penipuan dan penggelapan dua mobil oleh terdakwa. Mobil itu ialah Toyota Avanza H-8460-AQ milik saksi Yuli Astuti dan Daihatsu Xenia dengan nomor polisi H-9155-DY milik Eko Wicaksono. Saksi Muhammad Andi mengatakan, barang bukti mobil Avanza itu dari hasil pemeriksaan terdakwa, diketahui berada di Pati. “Setelah ditangkap di rumahnya, terdakwa (Adhi- ) lalu dibawa ke Pati,” jelasnya.

Di sisi lain, Gunawan mengaku menerima laporan penggelapan yang dilakukan terdakwa itu sekitar September 2016. Salah satu mobil yang digelapkan itu milik Yuli, digadaikan terdakwa ke Yanto alias Kancil di Pati. “Mobil itu dikuasai antara dua hingga tiga bulan,” jelasnya. Dalam perkara ini, jaksa dari Kejari Semarang Andi Irawan menjerat terdakwa dengan pasal 378 KUHP tentang Penipuan dan pasal 372 KUHP tentang Penggelapan.

Awalnya, terdakwa pada Juli 2016 menghubungi saksi Agus yang diminta mencarikan mobil sewa guna usaha bisnis pupuk di Malaysia. Ternyata itu tidak dipakai terdakwa sebagai kendaraan operasional untuk bisnis, tapi justru digadaikan kepada saksi Yanto di Pati. (WR/EL)

Advertisements