Home Hukum dan Kriminal Hakim Belum Siap, Mantan Bupati Karanganyar Batal Divonis

Hakim Belum Siap, Mantan Bupati Karanganyar Batal Divonis

Mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani dihukum 6 tahun penjara.

rina iriana

Semarang, 10/2 (BeritaJateng.net) – Mantan Bupati Rina Iriani batal divonis dalam kasus penyimpangan dana subsidi perumahan Griya Lawu Asri Kabupaten Karanganyar, karena majelis hakim belum siap.

“Musyawarah majelis hakim belum selesai, jadi putusan belum dibacakan hari ini,” kata Hakim Ketua Dwiarso Budi, dalam sidang di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Semarang, Selasa.

Atas belum siapnya putusan tersebut, majelis hakim menunda sidang hingga Selasa (17/2) pekan depan.

Sementara itu ditemui usai sidang, mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani mengaku sudah menyiapkan diri untuk pembacaan hukuman.

“Selalu siap kapan saja dibacakan, selalu iklhas dan yakin tidak bersalah,” ucap Rina.

Adapun OC Kaligis, penasihat hukum Rina Iriani mengatakan, masih ada sejumlah bukti yang tidak bisa dihadirkan dalam persidangan.

Sejumlah bukti berupa surat yang tidak bisa ditunjukkan tersebut di antaranya surat dari Jaksa Muda Bidang Pengawasan serta hasil audit BPK dan BPKP.

“Audit BPK dan BPKP menyatakan tidak ada kerugian negara,” ujarnya.

Sebelumnya, mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani dituntut hukuman 10 tahun penjara dalam kasus penyimpangan dana subsidi perumahan Griya Lawu Asri kabupaten setempat.

Jaksa Penuntut Umum juga menuntut terdakwa untuk membayar denda sebesar Rp1 miliar.

JPU Slamet Widodo saat membacakan tuntutan juga meminta majelis hakim mewajibkan terdakwa membayar uang pengganti kerugian negara sebesar Rp11,8 miliar.

“Jika terdakwa tidak mampu membayar maka harta benda miliknya akan disita dan dilelang untuk memenuhi uang pengganti tersebut,” tegasnya. (ant/BJ)

Advertisements