Home News Update Hadapi Pilwakot, Panwas Butuh 3.308 Pengawas

Hadapi Pilwakot, Panwas Butuh 3.308 Pengawas

ilustrasi
ilustrasi
ilustrasi

Semarang, 7/5 (BeritaJateng.net) – Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Wakil dan Wali Kota Semarang setidaknya membutuhkan 3.038 pengawas. Hal ini disampaikan Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Panwas Kota Semarang, Bekti Maharani, Kamis (7/5).

“Bulan Mei hingga awal Juni mendatang kami akan melakukan rekrutmen calon anggota Panwascam di 16 Kecamatan se Kota Semarang dan PPL di 177 Desa/Kelurahan se Kota Semarang, dan yang paling baru yaitu rekruitmen 2.810 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) se-Kota Semarang,” ungkapnya.

Menurutnya, Panwascam tersebut nantinya bertugas untuk membantu pelaksanaan tugas dalam pengawasan Pilkada serentak di Kota Semarang.

“Pada akhirnya kami berharap hal ini bisa diketahui oleh masyarakat luas dan akhirnya diharapkan akan dapat terjaring calon-calon anggota Panwascam, PPL dan Pengawas TPS yang berkualitas,” tambah Bekti Maharani.

Terkait kekhawatiran masyarakat bahwa Panwas dan juga KPU rawan bersikap memihak pada peserta Pilkada tertentu, Parlindungan Manik, SE selaku Divisi Penanganan dan Penindakan Pelanggaran Panwas Kota Semarang mengemukakan, Panwas terikat kode etik dan rambu-rambu peraturan yang menyangkut sanksi administrasi maupun pidana, sehingga anggota Panwaslu tidak akan bermain-main dengan nasib.

“Apalagi sekarang ini UU No. 15 tahun 2011 telah mengatur tentang keberadaan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) yang bisa menindak dan memberikan sanksi atas pelanggaran yang dilakukan oleh Panwas maupun KPU,” paparnya. (Bj05)