Home Ekbis Hadapi MEA Jateng Didirikan LPK

Hadapi MEA Jateng Didirikan LPK

lpk logistik

Semarang, 31/7 (BeritaJateng.net) –  Dalam menghadapi persaiangan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) Lembaga Keterampilan Profesi (LKP) Logistik didirikan pertama kalinya di Jawa Tengah untuk mendukung sumber daya manusia (SDM).

Untuk menghadapi MEA memang tidak lepas dengan arus perdagangan bebas, sehingga SDM di Indonesia harus dibekali dengan pengalaman logistik sebuah barang.

“Ini pertama kalinya LKP Logistik didirikan di Indonesia yang berada di Training Center DPW ALFI/ILFA Jateng lantai dua yang lokasi pelatihannya di Jalan Madukoro Raya Blok D-11 No 1C. LKP Logistik ini adalah program pendidikan antara dua minggu hingga tiga bulan,” kata Direktur LPK Logistik Indonesia, Ari Wibowo saat melaunching LKP Logistik di Jalan Veteran No 58 dengan didampingi tim pengajar.

Menurutnya, LKP Logistik ini didirikan oleh para pengusaha yang sudah puluhan tahun bergelut di Pelabuhan Tanjung Emas. Mereka merasa terpanggil untuk mendirikan LKP Logistik demi membendung MEA dengan membekali SDM di Indonesia khususnya di Jateng dengan program pendidikan.

“Jadi mereka yang ingin menguasai keterampilan soal logistik bisa mendaftar ke Jalan Madukoro Raya. Kebutuhan SDM soal logistik sasarannya tidak hanya siswa baru, namun para karyawan yang umumnya juga ditugaskan oleh perusahaan,” jelasnya.

Suprapto, salah satu pengajar menambahkan, saat ini di Indonesia memang belum ada lembaga keterampilan profesi logistik dan ini baru pertama kali didirikan di Semarang.

Mereka yang mengikuti semacam kursus ini nantinya juga akan mendapatkan sertifikat internasional.

“Ini memang ide kami, kepedulian para pengusaha logistik yang biasa bekerja di pelabuhan,” katanya.

Lulu Mulawaroh, pengajar lain juga sependapat bahwa dunia pendidikan tentang logistik di Indonesia belum ada. Ini juga membendung adanya MEA, sehingga SDM di Jateng juga harus dibekali pengalaman.

“Perlu diketahui betapa hebatnya SDM di Asean dalam hal logistik ekspor impor dan kita jangan sampai kalah dengan mereka,” tambahnya.(BJ06)