Home Lintas Jateng Gunakan Lampu LED, Batang Hemat Pajak PJU Rp600 Juta per Bulan

Gunakan Lampu LED, Batang Hemat Pajak PJU Rp600 Juta per Bulan

image
Ilustrasi

Batang, 24/11 (Beritajateng.net)– Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mampu menghemat pajak lampu penerangan jalan umum hingga Rp600 juta per bulan setelah menggunakan lampu “Light Emitting Diode” (LED), kata Bupati Batang, Yoyok Riyo Sudibyo.

“Jika sebelumnya, pemkab harus mengeluarkan anggaran pajak PJU sebesar Rp1,2 miliar per bulan tetapi sekarang bisa dihemat 50 persen atau Rp600 juta/bulan,” katanya di Batang, Senin.

Menurut dia, penggunaan listrik untuk penerangan lampu jalan umum sangat boros karena sistem pembayaran yang menggunakan blok atau sistem “lump sum”.

“Selama ini, PT PLN tidak mau tahu apakah PJU padam atau tidak, kami harus membayar sesuai yang telah ditetapkan tetapi dengan adanya uji coba dengan menggunakan LED, pemkab bisa menghemat 50 persen dari pajak sebelumnya sebesar Rp1,2 miliar,” katanya.

Ia mengatakan uji coba penggnaan LED ini sudah bejalan sekitar dua tahun dengan menggunaan sistem meter untuk lampu penerangan jalan umum dengan menggunakan LED karena kapasitas watt lampu relatif lebih rendah tetapi tetap lebih terang dari lampu merkuri, katanya.

Penghematan pajak PJU, kata dia, pemkab bekerja sama dengan Pilar Four Consul Cirebon, Jawa Barat dengan tidak menggunkan dana APBD.

Pimpinan Pilar Four Consul Permadi mengatakan uji coba LED ini sudah dilakukan selama dua tahun di Kabupaten Batang.

“Setelah berhasil melakukan uji coba, kami sampaikan pada seminar Nasional Pengehematan Energi di Surabaya sehingga Batang mendapatkan hibah untuk meterinisasi,” katanya.

Menurut dia, Kabupaten Batang merupakan salah satu pemda yang berhasil menyelesaikan permasalahan tagihan listrik LPJU dengan baik dan yang pertama melakukan penghematan listrik LPJU tanpa bergantung pada APBD.

“Dengan kesuksesan Pemkab Batang mampu melakukan penghematan tagihan PJU maka Bupat Batang diundang Kementerian ESDM ntuk memaparkan keuntunan penggunaan lampu LED,’ katanya.(ant/pj)

Advertisements