Home Hiburan Gubernur Minta Pengelola Pariwisata Serius Layani Wisatawan

Gubernur Minta Pengelola Pariwisata Serius Layani Wisatawan

SEMARANG, 6/6 (BeritaJateng.Net) – Antusias masyarakat mengunjungi tempat pariwisata pada libur lebaran tahun ini diperkirakan cukup tinggi sebagaimana tahun tahun sebelumnya. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo minta agar para pengelola obyek wisata menyiapkan secara serius segala sesuatunya untuk melayani pengunjung.

“Saya sudah surati bupati/walikota serta pengelola pariwisata bahwa pemudik pasti piknik. Biasanya hari kedua dan ketiga. Maka saya minta keamanan di obyek wisata, alat permainannya agar diaudit dan sampahnya dikelola,” ungkapnya saat dihubungi, Kamis (6/6).

Ganjar menambahkan, saat ini infrastruktur jalan menuju obyek wisata khususnya yang jalan provinsi sudah bagus. Oleh karena itu dia mengharapkan agar bupati dan walikota membantu menata akses menuju obyek wisata, menata kebersihan serta membuat nyaman tamu yang berkunjung.

“Untuk para bakul kuliner dan souvenir juga diimbau jualannya yang berkwalitas, harganya jangan ngepruk, biar wisatawan tidak kapok,” katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Seni dan Kebudayaan Jawa Tengah Prasetyo Aribowo menjelaskan, secara koridor utama kunjungan wisata di Jateng, terdapat enam koridor yaitu Solo-Sangiran, Semarang-Kepulauan Karimunjawa, Nusakambangan-Baturaden, Borobudur-Dieng, Blora-Rembang dan Tegal-Pekalongan.

Setidaknya ada lebih dari 300 daya tarik unggulan yang tersebar di kawasan pariwisata tersebut. Sehingga Lebaran tahun ini obyek wisata di kawasan ini diperkirakan akan penuh, mengingat jangka waktu cuti Lebaran cukup panjang.

“Saya perkirakan 10 juta orang masuk berwisata ke Jateng dan DIY selama tiga minggu Lebaran dan Syawalan ini,” tandasnya.

Pemprov Jateng, lanjutnya, saat ini juga telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) berupa kolaborasi promosi wisata. Branding yang dibangun adalah koneksivitas melalui brand ‘Joglosemar” (single destination).

“Joglosemar masih uji coba melalui paket bersama. Intinya, kita sajikan promosi digital untuk publik,” katanya. (BJ13)