Home Lintas Jateng Gubernur Jateng Lantik Lima Pj Bupati dan Walikota

Gubernur Jateng Lantik Lima Pj Bupati dan Walikota

CLndCODUsAEx2IW

Semarang, 5/8 (BeritaJateng.net) – Guberrnur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Rabu (5/7) pagi melantik lima orang pejabat (Pj) Bupati dan Walikota. Pelantikan dilaksanakan di Gedung Gradika Bhakti Pradja setelah SK dari Mendagri ditandatangani.

Kelima pejabat yang dilantik adalah Pj Walikota Semarang Tavip Supriyanto (Kepala Bapermasdes), Pj Bupati Rembang Suko Mardiono (Kepala Bakorwil Pati), Pj Bupati Kebumen Muhammad Arief Irwanto, Pj Bupati Purbalingga Budi Wibowo (Asisten Kesra) dan Pj Walikota Surakarta Budi Suharto (Sekda Kota Surakarta).

Dalam arahannya, Gubernur mengatakan, pejabat bupati/walikota memiliki tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan baik dalam bidang pemerintahan maupun kegiatan kegiatan lain khususnya pemilukada.

“Tugas saudara tidak ringan, saudara harus mampu menyelenggarakan pemerintahan di masing masing kabupaten/kota, memfasilitasi pemilihan kepala daerah definitive dan menjaga netralitas PNS,” ungkapnya.

Masa tugas pejabat bupati/walikota jelas gubernur, paling lama adalah satu tahun sejak dilantik. Setelah pelantikan bupati/walikota hasil pilkada serentak dilakukan, maka masa tugas pj juga selesai. Pelantikan yang dilakukan siang tadi ditandai dengan penandatanganan pakta integritas kelima pejabat dan dihadiri segenap pejabat eselon dua dan forkompinda. (BJ13)