Home Lintas Jateng Gubernur Jateng Janji Serahkan Insentif Selama Setahun untuk Negara

Gubernur Jateng Janji Serahkan Insentif Selama Setahun untuk Negara

Gubernur Jateng Janji Serahkan Insentif Selama Setahun untuk Negara

Semarang, 21/11 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo siap menyerahkan insentif yang didapat selama satu tahun kepada Negara, sebagai upaya mengejar Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jateng 2016 yang belum memenuhi target.

“Saya ingin performance dan loyalitas kita pada Negara, Pemerintah Provinsi, dan pengabdian terhadap masyarakat, karena target tidak tercapai, insentif saya untuk tahun ini semua akan saya kembalikan kepada Negara. Saya akan memulai terlebih dahulu. Sudah saya hitung, jika itu masih belum mendorong, Gaji saya selama setahun juga akan saya kembalikan. Saya kembalikan secara bertahap dan melihat bagaimana prestasi kita bersama dalam mengejar prestasi pendapatan,” ujar Ganjar Pranowo pada apel pagi di halaman Kantor Gubernur, Senin (21/11).

Selain menyerahkan insentif selama satu tahun, Gubernur Ganjar menyampaikan bahwa sebagai bagian dari Tim Besar Pemprov Jateng juga menyatakan siap melindungi semua ASN dari berbagai tekanan, termasuk tekanan politik maupun dari berbagai pihak yang mencoba menggoyang kesolidan Pemprov Jateng. Bentuk perlindungan tersebut salah satunya tetap mempertahankan tambahan penghasilan pegawai (TPP) PNS di lingkungan Pemprov Jateng. Sebab, pemberian TPP selain menyejahterakan dan memotivasi PNS supaya bekerja lebih giat, juga bertujuan meningkatkan profesionalisme PNS.

“Persoalan TPP saya bertahan, karena itu adalah bagian dari kinerja yang harus saya berikan kepada teman-teman untuk bekerja lebih baik. Saya ingin anda tidur nyenyak, kebutuhan anda cukup, tidak lagi memikirkan setoran, tidak memikirkan motong proyek, tidak lagi meminta kepada rekanan- rekanan. Saya ingin pendapatan anda cukup untuk menyekolahkan anak, punya rumah, punya kendaraan. Itulah mengapa TPP saya pertahankan. Tetapi tolong layani masyarakat dengan baik dan disiplin sebenar-benarnya disiplin,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Ganjar juga menekankan agar seluruh ASN mampu melakukan Revolusi Mental secara nyata atau tidak basa basi dan menjadi contoh disiplin yang baik bagi publik. Menegakkan disiplin bukan karena diawasi Satpol PP atau melihat wajah Gubernur, tapi disiplin karena tanggung jawab yang melekat pada diri setiap individu.”Kita harus bisa disiplin dalam berpikir, disiplin dalam bicara dan disiplin dalam bersikap,” jelas Gubernur.

Dengan semangat luar biasa, mantan anggota DPR RI itu mengajak semua merapatkan barisan, bekerja sesuai dengan bidang masing-masing dengan hasil seoptimal mungkin. Jika ada yang tidak dimengerti dia mempersilakan mereka untuk bertanya. Pemprov sebagai kekuatan yang dipercaya oleh rakyat juga harus selalu saling mendukung, solid, serta mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi dengan baik, serius, dan sungguh-sungguh.

“Secara keseluruhan yang dikerjakan bapak ibu sudah baik, membanggakan, saya suka. Maka izinkan saya untuk  mengambil sikap tegas kawan-kawan yang tidak disiplin, karena yang tidak disiplin telah mencemari seluruh teman-teman yang sudah berubah sangat baik,” pintanya.

Menurutnya, pelaksanaan apel setiap pagi merupakan bagian kecil dari kedisiplinan yang harus dibangun dengan kesadaran dan keyakinan penuh. Sebab dari hal kecil seperti itu serta dengan mengerahkan seluruh daya dan upaya, akan mampu menunjukkan kepada dunia, Indonesia, dan masyarakat, bahwa PNS di lingkungan Pemprov Jateng bukan abdi masyarakat yang asal datang dan pulang begitu saja, tetapi harus menjadi ASN problem solver atau pemecah masalah.

“Sepuluh menit sebelum apel saya minta para pimpinan masing-masing memberikan data kehadiran dan dicek betul. Pukul 06.40 semua harus sudah standby dan yang tidak ada jangan dikatakan izin, tapi dia telat, titik. Kalau izin yang sifatnya darurat silakan, ada mekanisme izin yang baik. Tetapi jangan terlambat dikatakan tidak hadir karena menoleransi teman sendiri. Kalau dengan izin SMS silakan,” tandasnya. (Bj)

Advertisements