Home Lintas Jateng Gubernur Jateng Ingin Terapkan Lima Hari Sekolah

Gubernur Jateng Ingin Terapkan Lima Hari Sekolah

Ganjar

Semarang, 15/3 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginginkan seluruh sekolah di provinsi setempat menerapkan waktu belajar selama lima hari sekolah dalam sepekan guna meningkatkan kualitas pertemuan dengan orang tua masing-masing.

“Saya ‘kepengin’ sekolah itu menerapkan lima hari sekolah karena kualitas pertemuan mereka dengan orang tua itu kecil,” katanya di Semarang, Minggu.

Menurut Ganjar, setiap orang tua harus memperhatikan kualitas pertemuan dengan anak-anaknya di luar jam sekolah sehingga komunikasi antarkeluarga dapat berjalan baik.

“Saya membayangkan kalau mereka bisa ‘weekend’ bareng orang tuanya maka komunikasi keduanya berjalan dengan baik,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Ia mengatakan di Jakarta sudah banyak sekolah yang menerapkan lima hari sekolah, sedangkan di Ibukota Provinsi Jawa Tengah baru beberapa yang melakukannya.

“Kalau ada anak yang bersekolah selama enam hari, saya ‘mesakne’ (kasihan, red.), contohnya anak saya sendiri,” katanya.

Terkait dengan rencana penerapan lima hari sekolah bagi para pelajar di Provinsi Jateng, Ganjar akan berkomunikasi dengan sejumlah pihak terkait guna memperoleh masukan.

Ganjar juga berpendapat perlu ada kajian khusus sebelum kebijakan lima hari sekolah dalam sepekan itu diterapkan di seluruh sekolah di Jateng. (ant/Bj)