Home Lintas Jateng Gubernur Jateng Buka Pelatihan ICS Hadapi Bencana

Gubernur Jateng Buka Pelatihan ICS Hadapi Bencana

IMG-20150727-00280

Semarang, 27/7 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Senin (27/7) siang membuka pelatihan Incident Command System (ICS) demi siap menghadapi bencana yang diikuti para trainer penanggulangan bencana se Jawa Tengah yang berlangsung di Hotel Dafam Semarang 27 – 31 Juli 2015.

Dalam sambutannya gubernur mengungkapkan, pelatihan terhadap para trainer (TOT) sangat perlu dilakukan agar ketika terjadi bencana para petugas dan relawan bisa melakukan tugasnya membantu masyarakat yang menjadi korban bisa berjalan dengan baik, cepat dan bisa mengantisipaai agar tidak banyak korban.

“Pelatihan ICS sangat diperlukan untuk memberikan kelengkapan para pemegang tanggung jawab dalam upaya penanggulangan bencana agar lebih siap untuk melakukan tanggap darurat bencana. Apalagi ini pelatihan bagi pelatih, sehingga diharapkan sebuah keberlanjutan penyebaran pengetahuan ICS ke depan,” ungkapnya

Menurut Ganjar, ICS merupakan perangkat sistematis untuk memberikan komando, kontrol dan koordinasi dalam pelaksanaan tanggap darurat bencana. 

Sementara itu, Deputi l Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BNPB Wisnu Wijaya menyampaikan bahwa ICS merupakan referensi bagi penanganan darurat di Indonesia.

“ICS ini perlu disosialisasi sebagai referensi perbaikan sistem tanggap darurat bencana dengan mengkombinasi pengalaman dan teori yang diadaptasi dengan penyesuaian kondisi di Indonesia,” katanya.

Selain diikuti peserta dari BPBD kabupaten/kota, kegiatan ini juga diikuti TNI, Polri dan Forum Pengurangan Resiko Bencana Jawa Tengah. (BJ13)