Home Hiburan Gubernur Harus Turun Tangan Atasi Privatisasi Karimun

Gubernur Harus Turun Tangan Atasi Privatisasi Karimun

Karimunjawa

SEMARANG, 28/10 (BeritaJateng.net) – Privatisasi pantai di kepulauan Karimunjawa dinilai sudah kronis dan mengancam kepentingan masyarakat umum. Oleh karena itu sesuai dengan kewenangannya, Gubernur Jateng Ganjar Pranowo diminta turun tangan dengan menindak tegas para pemilik resort yang mengklaim pantai sebagai miliknya.

Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah Mustholih mengungkapkan, Sesuai dengan Undang Undang No 27 Tahun 2007, garis sempadan pantai ditentukan sepanjang 100 meter dari titik pasang terluar. Oleh karena itu dalam sepadan pantai tersebut tidak boleh dimiliki dan didirikan bangunan.

“Ketentuannya sudah jelas dan itu merupakan kewenangan pemprov. Jadi sebelum semakin parah, Gubernur Ganjar Pranowo harus turun tangan,” ungkapnya, Rabu (28/10).

Lebih lanjut Politisi PAN ini mengatakan, potensi Karimunjawa sangat bagus dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Oleh karena itu tidak heran kalau puluhan investor saat ini beramai ramai membeli tanah di Karimun. Apalagi harganya masih relatif murah.

“Daratan di tepi pantai di Karimun hampir semua sudah dimiliki investor. Kalau tidak segera disikapi maka tidak lama lagi akan berdiri resort resort yang kemudian akan melakukan klaim sebagai pemilik pantai didepannya,” jelasnya.

Komisi D, tambah Mustholih, dalam waktu dekat ini akan melakukan pendataan langsung ke Karimun untuk segera membuat regulasi berupa Peraturan Daerah (Perda) tentang sempadan pantai agar penataan Karimun bisa lebih baik.

Sementara itu Anggota Komisi B DPRD Jateng Didiek Hardiana mengatakan, privatisasi pantai di Karimunjawa bisa berakibat wilayah tersebut sebagai kawasan wisata tertutup dan pantainya tidak bisa diakses oleh wisatawan.

“Saat ini sudah ada beberapa pantai yang diklaim milik pribadi dan tidak boleh dimasuki wisatawan kecuali yang bermalam di resort resort mereka,” katanya.

Beberapa resort yang sudah mengklaim dan melarang wisatawan masuk pantainya adalah Resort Nirvana, Jiwa Quest, Arie’s Lagoon, Umah Alcy dan Kura Kura Resort. (BJ13)