Home Lintas Jateng GTT Temanggung Tuntut Kejelasan Nasib

GTT Temanggung Tuntut Kejelasan Nasib

image
Ilustrasi

Temanggung, 25/11 (Beritajateng.net) – Puluhan guru tidak tetap kategori dua (K2) yang tidak lolos menjadi pegawai negeri sipil di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Selasa, mengadu ke DPRD Kabupaten Temanggung menuntut kejelasan nasib mereka.

Puluhan guru dari perwakilan 20 kecamatan tersebut mendatangi Gedung DPRD Kabupaten Temanggung setelah menghadiri peringatan Hari Guru di Gedung Pemuda. Kedatangan mereka diterima oleh anggota dan Wakil Ketua Komisi D DPRD Temanggung, yakni Muh. Amin dan Mudiyanto.

Ketua Forum Guru Tidak Tetap Kabupaten Temanggung Riyadi mengatakan kedatangan mereka ke DPRD untuk meminta kejelasan dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat tentang nasib para guru tidak tetap.

Ia menyebutkan guru K2 yang belum lolos menjadi PNS di Kabupaten Temanggung sebanyak 495 orang.

Selain kejelasan nasib, mereka juga meminta agar kesejahteraan guru tidak tetap diperhatikan. Selama ini setiap bulan mendapat tunjangan dari Pemkab Temanggung Rp300.000 per bulan.

“Kami meminta ada penyesuaian, apalagi sekarang ada kenaikan harga bahan bakar minyak yang berpengaruh pada kenaikan harga kebutuhan pokok. Hal ini tentu semakin memberatkan kami,” katanya.

Ia berharap para guru tidak tetap juga mendapat jaminan kesehatan, karena hal ini merupakan kebutuhan mendasar.

“Selama ini kami tidak tercover jaminan kesehatan dari mana pun,” katanya.

Wakil Ketua Komisi D Mudiyanto menanggapi pernyataan tersebut mengatakan aspirasi dari para guru tidak tetap akan disampaikan kepada pihak eksekutif.

Ia mengatakan selama ini tunjangan untuk guru tidak tetap sudah cukup besar mencapai Rp10,7 miliar. Anggaran tersebut dari Kementerian Agama Rp5,17 miliar dan Dinas Pendidikan Kabupaten Temanggung Rp5,52 miliar.

“Kalau ada surat resmi permintaan tambahan anggaran DPRD tidak akan tutup mata,” katanya.

Ia mengatakan soal status merupakan kewenangan pemerintah pusat, masih menunggu apakah ada kelanjutan pengangkatan K2 lagi atau tidak.(ant/pj)