Home Headline Gerindra Semarang Ngaku Belum Miliki Calon Kuat di Pilwakot 2020

Gerindra Semarang Ngaku Belum Miliki Calon Kuat di Pilwakot 2020

330
Ketua DPC Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso.
Ketua DPC Gerindra Kota Semarang, Joko Santoso.

Semarang, 18/11 (BeritaJateng.net) – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerindra Kota Semarang belum dapat menentukan arah politik pada Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota (Pilwakot) Semarang 2020 mendatang.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPC Partai Gerindra, Joko Santoso saat menggelar jajak pendapat tokoh dengan tema “Figur Pemimpin Ideal Kota Semarang 2020, Seperti Apa?” di Hotel Pandanaran, Minggu (17/11/2019).

Dia mengatakan, pihak internal partai sudah mendiskusikan terkait kader-kader Partai Gerindra yang berpeluang untuk mencalonkan diri pada Pilwakot 2020.

Hanya saja, beberapa calon yang berpeluang tersebut masih enggan berkontestasi pada Pilwakot kali ini.

“Tampaknya teman-teman inginnya berkontestasi pada 2024. Pilwakot 2020 ini untuk sarana belajar dulu,” kata Joko.

Joko melanjutkan, dari hasil jajak pendapat tokoh yang diselenggarakan oleh Gerindra, mayoritas elemen masyarakat yang hadir mengarah kepada satu nama calon yakni petahana. Meski demikian, pihaknya tidak langsung menentukan sikap untuk Pilwakot 2020.

“Masih banyak hal yang harus kami lalui untuk menentukan sikap, apakah mengusung, mendukung, atau mencari calon sendiri,” tambahnya.

Selepas jajak pendapat ini, dia berencana akan mengadakan rapat kerja (raker) internal Partai Gerindra untuk membahas hasil jajak pendapat tokoh.

Kemudian, hasil raker akan disampaikan kepada partai lain yang memiliki kursi parlemen di DPRD Kota Semarang.

“Nanti kami akan roadshow ke partai-partai untuk menyampaikan hasil raker kami. Kalaupun nanti ada calon-calon yang lain yang mungkin bisa memperbaiki Kota Semarang menjadi lebih baik, tentu kami akan adakan survei. Apakah calon baru bisa ngoyak ketertinggakan dari sisi popularitas, kapasitas, dan kapabilitas,” terangnya.

Dia menargetkan, Gerindra akan menentukan sikap politik untuk Pilwakot pada pertengahan Desember 2019.

Sementara, Wakil Ketua DPD Partai Gerindra Jateng, Ari Wahid mengatakan, sejauh ini memang belum ada calon dari kader internal untuk berkontestasi dalam Pilwakot Semarang 2020.

Gerindra masih berbenah pasca Pilpres lalu dan lebih melakukan persiapan untuk Pilkada 2024.

“Peluang mengusung sendiri atau tidak kami bergantung pada keinginan Kota Semarang dan dari hasil survei. Survei nanti paling bagus siapa ya yang kami usung, baik incumbent maupun internal,” paparnya.

Ditambahkan, pihaknya akan melakukan survei terkait tokoh yang hendak diusung, tidak hanya survei di Kota Semarang melainkan juga kota/kabupaten lain yang memiliki fraksi, di antaranya Kabupaten Semarang, Kendal, Demak, Grobogan, dan lainnya.

“Pekan depan DPD akan melakukan tapat pemanggilan kawan-kawan DPC untuk koordinasi Pilkada 2020,” ujarnya. (El)