Home Ekbis Gerakan Inspirasi G1000 Raih Mandom Kartini Award

Gerakan Inspirasi G1000 Raih Mandom Kartini Award

SEMARANG, 12/4 (BeritaJateng.net) – Inspirasi G1000 atau gerakan berbagi Rp 1.000 setiap hari yang digagas Listyarini Meitasari menyentuh PT Mandom Indonesia wilayah Solo Raya.

PT Mandom Indonesia Soloraya bekerja sama dengan Jaringan Jurnalis Perempuan Jawa Tengah menggagas Mandom Kartini Award pada Peringatan Hari Kartini tahun ini.

Melalui sebuah kejutan di tengah acara G1000, Mandom menyerahkan penghargaan yang disambut dengan suka cita dan terharu oleh komunitas tersebut.

Metta, panggilan akrab Listyarini, tidak menyangka jika kehadiran sejumlah tamu tak diundang akan memberinya kejutan yang tidak disangka-sangka.

“Kami memberikan penghargaan ini karena apa yang dilakukan Mbak Metta merupakan gerakan yang menginspirasi, dari nilai yang kecil jika dilakukan bersama-sama akan menghasilkan gerakan yang besar,” ujar Branch Manager PT Mandom Indonesia Agus Kristanto, pada penyerahan Mandom Kartini Award kepada Komunitas G1000, Sabtu (10/04/2021).

Agus mengemukakan, PT Mandom aktif dalam memberikan penghargaan kepada perempuan-perempuan aktif dan inspiratif, sebagaimana produk Mandom yang peduli terhadap perempuan. Pada bulan ini, memperingati Hari Kartini sekaligus ulang tahun PT Mandom Indonesia, pihaknya menggagas penghargaan terhadap sejumlah perempuan inspiratif.

Menurutnya, Kartini adalah sosok yang memberikan inspirasi kepada perempuan Indonesia untuk selalu meningkatkan kapasitas dan kemandirian. Bersama-sama dengan Jaringan Jurnalis Perempuan yang memiliki visi yang sama terhadap perempuan, gayung pun bersambut untuk menggagas penghargaan tersebut.

“Kami berharap melalui award ini akan hadir inspirasi-inspirasi lain yang mengetuk perempuan-perempuan Indonesia untuk terlibat aktif dalam berbagai kegiatan, terutama aksi kemanusiaan,” imbuhnya.

G1000 yang berarti Gerakan Rp 1.000 setiap hari untuk kemudian dikumpulkan dan dibagikan kepada kaum dhuafa. Semenjak diluncurkan oleh penggagasnya, atau akrab dipanggil Metta Meita, gerakan ini sudah menggandeng ratusan peserta yang setiap hari mengumpulkan uang Rp 1.000 yang disedekahkan untuk dhuafa.

Dikatakan dia, awal gerakan G1000 yang diluncurkan Juni tahun 2019 itu, terkumpul donasi Rp 6 juta setiap bulan. Dengan semakin banyaknya anggota, saat ini bisa mencapai Rp 40 juta per bulan. Cakupannya pun sudah semakin meluas, hingga ke luar Provinsi Jawa Tengah. “Hasil sedekah itu kami gunakan untuk program tanggap bencana, pemberdayaan duafa, jumat berkah hingga sunatan massal,” jelas Meita. (Shin/El)