Home News Update Generasi Muda Tonggak Utama Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Generasi Muda Tonggak Utama Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan

Rinto Subekti, anggota DPR-RI dari Fraksi Partai Demokrat memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan di Tawangmangu.

KARANGANYAR 15/4 (BeritaJateng.net) – Empat Pilar Kebangsaan yang selama ini rutin disosialisasikan pada masyarakat mendapat apresiasi dan penghargaan oleh Musium Rekor Indonesia (MURI) untuk pelaksanaan sosialisasi Empat Pilar yang melibatkan seniman musik keroncong terbanyak.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh anggota DPR RI Rinto Subekti mengaku bangga dengan penghargaan yang diberikan Musium Rekor Indonesia terhadap pelaksanaan empat pilar kebangsaan.

Menurut Rinto, keberhasilan pelaksanaan Empat Pilar Kebangsaan meraih penghargaan rekor MURI, sebagai bukti bila MPR/DPR menganggap sosialisasi empat pilar ini sangat penting dilakukan.

Program sosilisasi empat pilar kebangsaan Ini, merupakan program dari Majelis permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI). Tujuan dari kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan sebagai bentuk pembelajaran bagi masyarakat untuk mengerti apa itu Konstitusi UUD 45, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

“Harapannya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang berkehidupan berbangsa dan bernegara,” jelasnya dalam acara sosialaisasi empat pilar kebangsaan di Kecamatan Tawangmangu.

Dengan sosialisasi empat pilar yang kian digalakkan bisa semakin menumbuhkan nilai-nilai kebangsaan. Terlebih lagi dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 antara lain sudah sangat jelas menyatakan kewajiban negara adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Sebagai indikasi keberhasilan pembangunan maka pendidikan
harus dilakukan dengan serius, kita yakin pendidikan yang dilakukan sejak dini bisa mewujudkan karakter bangsa yang lebih baik dimasa yang akan datang,” papar Rinto.

Rinto juga meminta agar para pemuda di jaman globalisasi saat ini ikut serta terjun ke desa-desa berpartisipasi mensosialisasikan empat pilar kebangsaan. Semangat anak muda yang suka berpetualang hingga ke daerah terpencil diharapkan mampu membawa pesan sosialisasi empat pilar.

“Biasanya anak muda memiliki mobilisasi yang tinggi serta semangat juang tinggi untuk pergi ketempat terpencil. Jangan sampai pemahaman terhadap nilai-nilai Empat Pilar luntur begitu saja.

Rinto mengaku bangga masih ada anak muda mau terjun ke lapangan sekaligus mempertegas bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) itu penting. Ia menilai, hal itu bisa memacu untuk menghidupkan kesejahteraan rakyat.

“Saya memahami dan berharap masyarakat dapat diyakinkan tentang Pancasila. Jadi memang tidak mungkin DPR MPR melakukan sendiri, jadi mesti dibantu masyarakat dan tokoh termasuk media,” pungkasnya. (Bj24)