Home Ekbis Gems Center Pasar Dargo Akan Di Tata Dengan Dana APBD Perubahan Rp....

Gems Center Pasar Dargo Akan Di Tata Dengan Dana APBD Perubahan Rp. 200 Juta

P_20150626_152838

Semarang, 27/6 (BeritaJateng.net) – Kabar gembira bagi pengrajin dan pedagang batu akik di Pasar Dargo, pasalnya Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang melalui Dinas Pasar berencana menggelontorkan anggaran APBD Perubahan tahun 2015 sebesar Rp. 200 Juta untuk penataan pengrajin di lantai dua Pasar Dargo.

Hal ini di sampaikan Kepala Dinas Pasar Kota Semarang, Trijoto Sardjoko saat di hubungi BeritaJateng.net, Jumat kemarin.

“Rencananya, agar pasar Dargo lebih representatif, Dinas Pasar mengusulkan di APBD Perubahan tahun ini sebesar Rp 200 juta. Kalau perbaikan kita ajukan pada tahun 2016,” ungkap Trijoto.

Pasar Dargo terdiri dari dua lantai dan di tempati bukan hanya dari pedagang dan pengrajin bayu akik dan batu mulia saja, namun pedagang lain seperti pedagang sayur, makanan dan kebutuhan pokok juga ada di pasar Dargo.

“Dilantai dua itu kan ditempati pengrajin. Jadi nanti kita buatkan ruangan yang disekat-sekat serta dibuat pengedap. Sebab, dilantai dua juga ada pedagang sayur supaya tidak kebisingan dan terkena debu-debu pengrajin batu,” katanya.

Sementara itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengakui akan melakukan penataan pasar Dargo sebagai pusat batu Gems Center. Menurutnya, sekarang ini aktivitas didalam pasar Dargo mengalami peningkatan.

“Sekarang sangat ramai. Pemerintah juga akan berupaya melakukan perawatan dan perbaikan. Bahkan, nantinya juga akan ada anggaran untuk perawatan dan perbaikan di APBD Perubahan. Kalau bentuknya, nantinya bisa diatur lewat DED lebih dulu,” pungkasnya usai blusukan meninjau aktivitas jual beli batu akik di Pasar Dargo. (Bj05)