Home Hukum dan Kriminal Gelar Operasi, Dispertan Solo Temukan Daging Busuk di Jual di Pasaran

Gelar Operasi, Dispertan Solo Temukan Daging Busuk di Jual di Pasaran

operasi daging2

Solo, 25/6 (BeritaJateng.net) – Dinas Peternakan dan Perikanan Surakarta Jawa Tengah menyita 37 kilogram daging busuk, 2 kilo kepala ayam yang juga busuk yang ditemukan saat  menggelar operasi di sejumlah pasar tradisional di kota Solo pada Kamis (25/6) dini hari dimusnahkan dengan cara dibakar dalam tungku khusus. 

Menurut Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Feteriner Dinas Pertanian Surakarta, Bagus Sarwoko menjelaskan operasi yang digelar dini hari tadi bekerja sama dengan  kepolisian dan Satpol PP menyisir sejumlah pasar tradisional yakni  Pasar Legi, Jebres dan tempat penampungan daging di kawasan Jagalan, Pasar Nusukan, Jongke dan Pasar Kleco. 

“Lokasi tersebut di pilih karena selama ini banyak menjual daging segar,” jelas Bagus, Kamis (25/6). 

Dala sidak tewrsebut jelas Bagus, tim menemukan dan menyita satu kilogram daging yang memiliki kadar air di atas ambang batas atau  daging gelonggongan di salah satu tempat penampungan daging di daerah Jagalan.

Selanjutnya tim bergerak ke Pasar Nusukan dan ditemukan sebanyak  35 daging sapi busuk yang disimpan dalam frezer yang ada di pasar Nusukan. Sedangkan saat melakukan operasi di Pasar Legi, petugas juga menemukan bungkusan berisi dua kilogram kepala ayam yang sudah busuk. 

“Semuanya langsung kita sita dan  dimusnahkan dengan cara di bakar. Sedangkan temuan daging gelonggongan tidak dimusnahkan namun ditiriskan agar kadar airnya berkurang,” jelasnya. 

Bagus juga menerangkan jika daging tersebut dikonsumsi bisa berimbas pada kesehatan. Karena kadar air dalam daging bisa saja mengandung bakteri dan kuman berbahaya. 

“Untuk pedagang yang tertangkap menjuak daging daging busuk diserahkan  kepada pihak Kepolisian untuk diproses karena  sangat merugikan masyarakat,” pungkasnya. (BJ24)