Home Hiburan Ganjar : PT KAI Tidak Boleh Seenaknya Nggusur

Ganjar : PT KAI Tidak Boleh Seenaknya Nggusur

— Ganjar Minta PT KAI Hormati Hak Warga Kebonharjo

SEMARANG, 20/5 (BeritaJateng.net) – Peristiwa bentrok antara petugas dan Warga Kebonharjo dalam penggusuran rumah warga oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuat prihatin Gubernur Ganjar Pranowo.

Gubernur minta PT KAI menghormati hak hak Warga Kebonharjo. Penertiban di lahan warga yang memiliki sertifikat diminta menunggu keputusan pengadilan.

“Hak warga harus dilindungi, beda dengan yang tidak memiliki sertifikat, mereka harus mau pindah,” ungkap Ganjar, Jumat (20/5).

Suasana eksekusi warga oleh PT KAI.
Suasana eksekusi warga oleh PT KAI.

Gubernur menegaskan, PT KAI tidak boleh menyatakan bahwa SHM yang dimiliki sebagaian warga Kebonharjo itu tidak sah kecuali sudah ada putusan dari pengadilan.

“KAI tidak boleh menggusur sak enake udele dhewe (seenaknya sendiri) saya akan bela mati-matian, tapi kalau kemudian ada proses pengadilan yang mau dilakukan ya dilakukan,” tegasnya.

Ganjar mengaku sudah menghubungi Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro melalui telepon dan sepakat warga Kebonharjo yang memiliki SHM tidak akan diganggu, meskipun tanahnya itu diklaim milik KAI.

“KAI tidak bisa ngomong lahan itu miliknya, yang bisa menentukan itu pengadilan,” kata dia.

Terkait dengan penertiban lahan Kebonharjo, Ganjar meminta agar semua pihak, baik itu PT KAI, warga Kebonharjo, Pemkot Semarang, maupun TNI/Polri selalu mengedepankan musyawarah untuk mufakat. (BJ13)