Home Nasional Ganjar Minta Kuota Haji Di Tambah

Ganjar Minta Kuota Haji Di Tambah

Boyolali, 10/8 (BeritaJateng.net) – Banyaknya calon jamah haji asal Indonesia yang masuk dalam high risk karena banyak yang berusia lanjut akibat panjangnya daftar antrian haji membuat Gubernur Jawa Ganjar Pranowo agar meloby pemerintah Arab Saudi menambah kuota haji bagi Indonesia.

“Itu salah satu cara memangkas daftar tunggu haji yang panjang saat ini ialah dengan melobi langsung Raja Arab Saudi,” jelas Ganjar di  Asrama Haji Donohudan Boyolali, Selasa (9/8) saat pelepasan Calhaj.

Sebagai negara berpenduduk muslim terbesar di duniaz, sudah sepantasnya mendapat prioritas penambahan kuota haji. Sebab itulah Ganjar akan menyampaikan permintaan itu kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Kemenag.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH), Syaifuddin Zuhri, menyampaikan pada musim haji kali ini, jumlah jemaah calon haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Solo adalah 26.561 orang. Dengan perincian 25.543 calon haji dari Jawa Tengah, 2.648 calon haji dari DIY, serta 370 petugas kloter.

“Terbagi dalam 74 kloter. Gelombang pertama untuk Kloter 1-34 akan mendarat di Madinah, sedangkan gelombang kedua mulai kloter 35-74 akan mendarat di Jeddah,” jelasnya.

Kloter pertama akan berangkat adalah calhaj asal asal Kabupaten Tegal yang berjumlah 360 orang akan diberangkatkan pada Selasa pukul 16.40 WIB. Sedangkan rombongan kloter kedua asal Kabupaten Tegal yang berjumlah 360 orang, juga diberangkatkan pada hari yang sama pada pukul 22.20 WIB. (Bj24)

Advertisements