Home News Update Ganjar Janjikan Bantuan Untuk Korban Banjir di Banyumas

Ganjar Janjikan Bantuan Untuk Korban Banjir di Banyumas

Gubernur Ganjar melihat lokasi bencana banjir di Kecamatan Tambak Banyumas.

Banyumas, 23/6 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menjanjikan bantuan untuk para korban banjir dan longsor di Kabupaten Banyumas. Ganjar menyatakan pemprov sudah menyiapkan santunan untuk korban meninggal dan bantuan untuk korban warga yang rumahnya rusak.

“Provinsi menyiapkan bantuan untuk korban banjir, untuk korban meninggal dunia akan diberikan santunan Rp 15 juta dan diberikan kepada ahli waris. Untuk warga yang luka ataupun rumahnya rusak juga akan diberikan bantuan,” katanya dihadapan warga korban banjir, di Kecamatan Tambak, Banyumas, Kamis (23//6).

Terkait teknis bantuan pemprov supaya cepat turun, Ganjar meminta agar Pemkab Banyumas segera melakukan pendataan secara rinci, tentang jumlah rumah yang rusak berat, sedang dan ringan. Karena semuanya akan mendapatkan bantuan. Begitu pula dengan data korban yang luka dan meninggal dunia.

Ganjar menjelaskan, sampai saat ini proses evakuasi masih berlangsung di sejumlah wilayah di Jateng, termasuk Banyumas. Mengingat banyaknya wilayah yang terkena banjir dan longsor, serta keterbatasan jumlah personil untuk melakukan evakuasi dan pemulihan, maka Ganjar berharap agar masyarakat bergotong-royong secara sukarela membantu korban banjir dan longsor.

“Partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan, mari kita semua bergotong-royong membantu tetangga kita yang terkena bencana. Saya pribadi juga akan berupaya agar para pengusaha di Jateng ikut membantu memberikan bantuan karena banyaknya wilayah yang terkena banjir dan longsor,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar juga menyampaikan, bahwa pemerintah pusat melalui Wapres Jusuf Kalla juga berjanji akan memberikan bantuan ke daerah. Bahkan, Wapres menghubungi Ganjar langsung secara pribadi, meminta agar diberikan data-data warga yang membutuhkan bantuan. (BJ33)