Home Lintas Jateng Ganjar Apresiasi Penanganan Rob Kaligawe

Ganjar Apresiasi Penanganan Rob Kaligawe

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo usai meninjau lokasi rob di Genuk Semarang

SEMARANG, 29/6 (BeritaJateng.Net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengapresiasi penanganan rob di Jalan Kaligawe dan Kecamatan Genuk yang dilakukan Pemkot Semarang bekerjasama dengan Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung-Cisadane.

“Penanganan Rob Kaligawe dan Genuk dengan penyedotan menggunakan pompa besar sudah terlihat efektif sebagai langkah darurat,” ungkapnya di sela sela peninjauan langsung lokasi rob, Rabu (29/6).

Menurut Ganjar, upaya yang sudah dilakukan termasuk penggunaan karung pasir dan mengalirkan air ke sungai dinilai sudah tepat dan bisa terus dilakukan dalam menghadapi situasi darurat. Namun upaya lebih lanjut harus terus dilakukan seperti pengerukan dan pelebaran sungai Babon yang menurut Ganjar paling available.

“Saat ini sedang dilakukan upaya lain dengan akan dibangun Sea Wall. Sekarang sedang menyusun designnya,” jelasnya.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Ni Made Sumiarsih mengatakam bahwa pihaknya bersama Pemkot Semarang akan berupaya semaksimal mungkin mengatasi rob selama arus mudik Lebaran tahun ini.

“Setidaknya akan ada 17 unit pompa air yang disiagakan di sepanjang Jalan Kaligawe. Sekarang ini, baru terdapat 13 pompa air yang berfungsi secara situasional,” ujarnya. (BJ13)