Home News Update Ganjar akan Pantau Langsung Pelaksanaan Musrenbangwil

Ganjar akan Pantau Langsung Pelaksanaan Musrenbangwil

Ganjar

Semarang, 23/3 (BeritaJateng.net) – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo akan memantau langsung pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan wilayah di enam keresidenan di provinsi setempat pada 2015.

“Enam musrenbangwil yang akan dipantau langsung Gubernur Jateng itu adalah Keresidenan Pati, Semarang, Kedu, Surakarta, Banyumas, dan Pekalongan,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Jawa Tengah Urip Sihabudin di Semarang, Senin.

Ia menjelaskan forum musrenbangwil yang dikemas dalam format dialogis itu akan mempertemukan Gubernur Jateng dengan bupati atau wali kota, anggota DPRD tingkat provinsi dan kabupaten/kota, satuan kerja perangkat daerah, partai politik, para pemangku kepentingan, serta masyarakat.

“Gubernur Jateng juga akan berdialog secara langsung dengan masyarakat desa di titik-titik tertentu melalui ‘video conference’,” ujarnya.

Menurut dia, “video conference’ dilakukan karena Gubernur Jateng ingin berdialog langsung dengan masyarakat guna mengetahui apakah usulan dari bawah atau masyarakat betul-betul sampai ke pemerintah di tingkat kabupaten, provinsi, atau pusat.

“Yang sering terjadi selama ini adalah usulan masyarakat tidak sampai ke atas sehingga pembangunan tidak sinkron,” katanya.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang ditemui terpisah mengatakan bahwa pemantauan langsung musrenbangwil itu bertujuan agar postur APBD Jawa Tengah pada 2016 mempunyai performa baik karena pembahasannya dilaksanakan sejak dari tingkat desa hingga provinsi secaras serius.

“Bulan Maret-April 2015, PR (pekerjaan rumah, red) besar kita merencanakan musrenbangwil yang menghasilkan APBD yang betul-betul fit dan pada tahap kedua berupa penyusunan RAPBD, saya beserta Pak Heru (Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko) mencoba membuat skala prioritas dan dorongan apa yang kita kerjakan sesuai dengan harapan masyarakat,” ujar politikus PDI Perjuangan itu.

Musrenbangwil Keresidenan Pati akan dilaksanakan pada Rabu (25/3) di Pendopo Pemerintah Kabupaten Jepara, musrenbangwil Keresidenan Semarang pada Kamis (26/3) yang dipusatkan di rumah dinas Wali Kota Salatiga, mustenbangwil Keresidenan Kedu pada Jumat (27/3) di rumah dinas Kepala Bakorwil II.

Kemudian, musrenbangwil Keresidenan Surakarta pada Selasa (31/3) di Terminal Tawangmangu, musrenbangwil Keresidenan Banyumas pada Rabu (1/4) di Owabong, dan Musrenbangwil Keresidenan Pekalongan, Kamis (2/4), di Pendopo Pemerintah Kabupaten Tegal. (ant/Bj)

Advertisements